by

Bajir Jakarta Hari Ini : Penyebab Banjir di Jakarta Timur Akibat Rob, Hujan dan Proyek Kementerian

-Debroo-46 views

banjir di bidaracina
banjir di bidaracina

Debroo.com. Bajir Jakarta Hari Ini : Penyebab Banjir di Jakarta Timur Akibat Rob, Hujan dan Proyek Kementerian. Hal tersebut berdasarkan pendataan oleh Satlantas Wilayah Jakarta Timur, ada 10 titik genangan air dengan ketinggian 30 cm sampai 50 cm. Sudin PU Tata Air Jakarta Timur, Yazied Bustomi menjelaskan, penyebab genangan air akibat luapan anak sungai Ciliwung dan rob di wilayah Jakarta Utara.
“Ini sebenarnya karena luapan air ditambah dengan curah hujan yang tinggi dan rob di wilayah Jakarta Utara,” ujar Yazied, Senin (9/2/2015) seperti yang dilansir dari Detik.com.
Yazied pun mengatakan, bahwa jauh hari sebelum musim hujan datang, baik anak sungai maupun selokan di wilayah Jakarta Timur sudah direvitalitasi. Akan tetapi beberapa proyek pemerintah pusat di wilayah Jakarta Timur dinilai turut menyumbang munculnya genangan air.
“Hanya saja untuk aliran sungai Kali Baru itu tersumbat akibat ada proyek dari kementerian. Sejauh ini, kita juga akui masih banyak titik-titik utilitas yang harus diperbaiki, sehingga ini akan menjadi bahan evaluasi kami,” ujarnya.
Genangan di Jakarta Timur tidak separah di wilayah Jakarta lainnya. Jika dibandingkan, genangan di Jakarta Timur lebih cepat surut pasca berhentinya hujan.
“Dibanding wilayah lain, kita lebih baik, seperti Jalan DI Panjaitan setelah dipasang pompa kini sudah mulai kering dan dapat dilalui kendaraan,” ujarnya.
Yazied mengatakan, untuk antisipasi genangan air di Jakarta Timur, pihaknya telah mengaktifkan puluhan rumah pompa dan pompa portable di beberapa titik.
“Ada 38 pompa plus 4 mobil pompa dan 4 motor pompa, seperti di Bidaracina ada 2 pompa mobile melihat kondisi air terus naik,” tutupnya.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *