Jokowi : Harga Karet tidak Bisa Dikendalikan, Kita Harus Punya Pabrik Sendiri

By: On: 0 views
Jokowi : Harga Karet tidak Bisa Dikendalikan, Kita Harus Punya Pabrik Sendiri

Jokowi Blusukan, Harga Karet tidak Bisa Dikendalikan
Debroo.com – Seorang petani karet menumpahkan keluh kesahnya kepada Presiden Jokowi saat mengunjungi Sekolah Peternakan Rakyat di Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan Sabtu (6/12/2014). Ia mengeluhkan Harga Jual Karet hanya Rp 5.000 per kilogram dari harga sebelumnya yang pernah mencapai kisaran Rp 10.000 hingga Rp 15.000.

“Bagaimana ini, Pak, dengan kenaikan harga (barang kebutuhan lainnya), terus terang kami kesulitan dengan situasi ini, tolonglah pak pemerintah bisa tentukan harganya,” keluh seorang petani.

“Lho, jadi siapa yang harus saya marahi ini?” tukas Presiden Joko Widodo sambil tersenyum ketika mendengar petani karet saat mengeluhkan jatuhnya harga jual karet.

Jokowi kemudian menjelaskan bahwa harga karet ditentukan oleh pasar karet internasional dan memang mengalami fluktuasi.

“Bahan mentah karet sekarang ini yang menentukan pasar dunia, tiga bulan lalu sudah saya sampaikan agar ada pabrik di Sumatera Selatan, tetapi yang memproduksi barang jadi. Stabilitas harga akan bisa dikendalikan, pasar dunia tidak mungkin kita kendalikan itu. Kita sekarang proses pabrik yang mengolah karet jadi barang jadi, sampai kapan pun harga (karet dunia) tidak bisa kita kendalikan,” tutur Presiden.

Presiden kemudian minta petani untuk bersabar karena memang pemerintah sampai saat ini masih mengupayakan pendirian pabrik yang memproduksi karet menjadi barang jadi, sehingga memiliki nilai lebih.

No Responses

Leave a Reply