Telkomsel, Indosat dan XL Siap Luncurkan Layanan 4G LTE Serentak

By: On: 1 views
Telkomsel, Indosat dan XL Siap Luncurkan Layanan 4G LTE Serentak

Layanan Jaringan 4G LTE
Debroo.com – Tiga Operator GSM di Indonesia yaitu Telkomsel, Indosat dan XL telah siap menggelar  layanan jaringan berteknologi 4G LTE pada tahun ini secara serentak.  Ketiganya bahkan sudah menyiapkan BTS 4G LTE sehingga begitu izin Kemkominfo terbit, Operator-operator besar bisa langsung memasarkan layanan 4G LTE.

Presiden Director dan juga CEO Indosat, Alexander Rusli mengatakan, secara umum, kesiapan perangkat 4G di BTS-BTS Indosat sudah siap untuk diaktifkan. Tetapi, Indosat masih menunggu sertifikasi ULO dari pemerintah guna meluncurkan bersama-sama dengan operator lain. “Kami akan launch bersama-sama dengan operator lain, sesuai dengan permintaan pemerintah,” ungkap Alexander Rusli di Jakarta, baru-baru ini.

Alexander juga memaparkan, untuk tahap pertama pihaknya tidak bisa menjanjikan bahwa kecepatan akses internet yang akan dinikmati sesuai dengan ekspektasi masyarakat mengingat pita frekuensi yang digunakan hanya 5 MHz. Ia malah khawatir, kecepatan akses internet 4G LTE itu bisa lebih lambat dari kecepatan akses internet yang ditawarkan teknologi 3G yang mencapai 42 Mbps. Idealnya, teknologi 4G harus memiliki lebar pita frekuensi sebesar 10 Mhz ke atas. Lanjut Alexander.

“Tapi memang kita tidak bisa menjanjikan bahwa speed yang akan dinikmati orang itu, speed LTE benaran. Mungkin dalam beberapa kasus, akan lebih pelan dari 3G kita. Kalau cuma pakai 5 MHz, gak nyampai 30 MHz, itu lebih pelan dari 3G kami. LTE baru terasa kalau sudah pakai pita frekuensi selebar 10 MHz,” Tambahnya.

Lebih lanjut, untuk strategi mengaktifkan 4G, pihaknya akan terlebih dahulu melihat wilayah-wilayah potensial yang sudah siap dengan 4G LTE. “Mungkin di Jakarta terlebih dahulu. Tapi mungkin tidak semua wilayah Jakarta. Atau kita pakai sterategi indoor terlebih dahulu, atau outdoor. Nanti kita lihat. Memang kita barengan nyala bersama operator lain, tapi sterategi nyalanya berbeda-beda. Kita lakukan secara bertahap,” papar Alexander.

Sementara itu, Vice President Coorporate Communication PT XL Axiata Tbk, Turina Farouk, mengungkapkan, penerapan 4G di frekuensi 900 MHz sudah matang dan siap untuk diluncurkan. Sehingga, tidak perlu tahap ujicoba di frekuensi 900 MHz. Namun, Turina enggan menyebut wilayah mana saja yang terlebih dahulu menikmati 4G LTE di frekuensi 900 Mhz secara komersial.

“Kalau di 900 Mhz, kita sudah siap komersial, tidak perlu ujicoba lagi. Jika dalam waktu dekat sudah dapat sertifikasi ULO, kami bisa langsung jualan. Tidak perlu trial lagi,” Ungkap Turina di Jakarta, akhir pekan lalu.

Untuk masalah uji coba konektivitas 4G pada frekuensi 1800 MHz, Turina menuturkan, XL mendapat perpanjangan uji coba hingga Maret 2015. Uji coba jaringan 4G LTE pada frekuensi 1800 MHz ini mendapat sambutan yang cukup baik dari masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya target 1.000 SIM card 4G yang telah berhasil diaktivasi.

Beberapa titik ujicoba yang diterapkan XL adalah, di kisaran wilayah Senayan City, Central Park, dan Kota Casablanca Jakarta. “Ujicoba jaringan 4G sebenarnya berakhir di awal Desember ini, namun sekerang diperpanjang hingga Maret 2015,” jelas Turina.

Sementara itu, Telkomsel kabarnya telah menyiapkan 110 BTS 4G yang siap diaktifkan bila sudah ada “lampu hijau” dari pemerintah. Seluruh BTS 4G dari 110 unit itu hanya di Jakarta, belum termasuk jumlah BTS 4G yang ada di Bali.

Dirut Telkomsel Alex J Sinaga selalu mengatakan, Telkomsel sangat siap untuk segera menggelar jaringan dan layanan 4G LTE. Ini bukan hanya untuk memastikan pengalaman pelanggan yang terbaik, juga untuk makin memantapkan kepemimpinan Telkomsel dalam industri telekomunikasi di Tanah Air. Operator Kartu Halo, Simpati, Kartu As dan Loop ini telah melakukan serangkaian uji coba teknologi 4G LTE pada 2010 di Jakarta, dan pada 2013 lalu di Bali.

Baca Juga : Uji coba Jaringan 5G

No Responses

Leave a Reply