Dasar Membuat Aplikasi Subtitle, "Membuat File Teks dengan VB6"

By: On: 3 views
Dasar Membuat Aplikasi Subtitle, "Membuat File Teks dengan VB6"

Debroo.com –  Dari Aplikasi yang pernah dishare sebelumnya, Debroo pernah berjanji akan membagikan tutorial pembuatanya. Nah, kali ini debroo mencoba berbagi resepnya kepada semua yang berminat. Untuk tahap awal ini, Debroo sengaja memberi Judul : Dasar Membuat Aplikasi Subtitle, “Membuat File Teks dengan VB6”. Sebenarnya bukan hanya membuat, tapi juga Merubah (Append),membaca (Read) dan membuat (Create/Input) file teks menggunakan VB6.
Aplikasi Sebelumnya : DebrooSubtitle Editor

Sebelum melangkah lebih jauh dalam pembuatanya, penting diketahui tentang maksud dari “Membuat file teks”. Bahasa sederhana nya atau singkatnya adalah file yang bisa kita lihat dan ubah dengan notepad. Melalui VisualBasic 6.0 (VB6), Kita dapat membuat file teks sendiri sesuka hati, atau bisa juga menyebutnya membuat file notepad sendiri.

Lalu Apa Gunanya? Bukankah membaca dan menulis di notepad lebih gampang?
Ya, memang benar. Tetapi perlu diketahui, Jika kita sudah mahir menggunakan cara ini menggunakan VB6, kita bisa membuat Banyak Aplikasi Unggulan hanya menggunakan VB6 tanpa menggunakan Software pembantu seperti CrytalRepot,SQLServer,MSAccess,dll. Hanya dengan File Teks buatan kita, Kita bisa membuat DataBase sendiri yang hanya bisa dibaca oleh system yg kita buat. Tapi ini belum dibahas sekarang.

Debroo akan sedikit cerita tentang kehebatan cara ini (Membuat File Teks dengan VB6). Debroo pernah membuat Security Software hanya menggunakan notepad yang isinya cuma 1 baris. Itu merupakan Data hasil Encrypt dari Debroo sendiri untuk melindungi Software/Program Toko agar tidak bisa dibajak.

walaupun hanya satu baris, Namun dapat mengunci Aplikasi tersebut. Debroo menggunakanya untuk software/aplikasi yang dipasang gratis di Toko dengan Masa Tenggang 30 hari (Free Trial). Satu baris Notepad itu menjadi patokan untuk menonaktifkan otomatis pada saat jatuh tempo. Jika file tersebut, dirubah atau dihapus. Otomatis Software terkunci. Dan hanya bisa dipakai oleh satu komputer.

Nah itu tadi sekedar intro saja supaya semangat untuk memahami pentingnya Membuat File Teks dengan VB6. Sekarang kita masuk ke Materi.

Lanjut kehalaman 2

No Responses

Leave a Reply