Pasar Samsung Turun Gara-gara Smartphone China

By: On: 2 views
Pasar Samsung Turun Gara-gara Smartphone China

IDC
Debroo.com – Menurut Lembaga Riset IDC, Samsung memimpin di posisi pertama berdasarkan pengapalan smartphone di kuartal kedua 2014. Namun berdasarkan data yang tercatat, pasar Samsung pada Kuartal kedua tahun 2014 telah mengalami penurunan sekitar 7 persen jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu. Dari hasil analis, penurunan itu disebabkan karena produsen asal China telah sukses dalam pertarungan pasar Smartphone.

Berikut Data dari Riset IDC pada Q2 2014 :
1. Samsung = 24,9 %
2. Aple = 11,7 %
3. Huawei = 6,7 %
4. Lenovo = 5,2 %
5. LG = 4,8 %
6. Lainnya= 46,7 %

Samsung memperoleh sekira 24,9 persen pada Q2 2014. Sedangkan pada tahun lalu, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu memperoleh 32 persen market share. Samsung Galaxy S5 berhasil dikapalkan lebih dari 18 juta pada kuarter tersebut. Sedangkan Galaxy S3 dan S4 masih bertahan di pasar dengan volume capaian sebesar sembilan juta unit.

Sementara itu vendor China seperti Huawei dan Lenovo masing-masing menduduki kursi ketiga dan keempat, melampaui LG. Sedangkan Huawei sendiri berhasil memperoleh pencapaian itu dikarenakan produk 4G LTE yang dirilisnya, terutama di China. Dan dibantu dengan sejumlah operator lokal yang mendorong pengguna smartphone di negara tersebut agar meng-upgrade perangkat 3G mereka. Sedangkan diluar China, pencapaian itu didapatkan melalui produk seri Y yang merupakan ponsel Harga murah.

Lenovo masih menjadi merek yang berpengaruh di China. Posisinya di peringkat empat dikarenakan perusahaan mampu meningkatkan penjualan handset 3G A788T dan A388T.

Dari Catatan IDC, negara yang dikenal dengan BRIIC (Brasil, Rusia, India, Indonesia, dan China) mengambil andil yang besar dari suksesnya penjualan Lenovo. Karena penjualan mereka di luar China berhasil tumbuh tiga kali lipat selama Q2 2014 dibandingkan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.

No Responses

Leave a Reply