Netizen Lampung Ngobrol Bareng MPR RI : Bijak Menggunakan Medsos, Jaga dan Amalkan Empat Pilar MPR

Debroo.net. Netizen Lampung Ngobrol Bareng MPR RI : Bijak Menggunakan Medsos, Jaga dan Amalkan Empat Pilar MPR. Rasanya sangat berat sekali untuk mememenuhi harapan Ketua MPR RI Bapak Zulkifli Hasan yang datang langsung dan bertemu dengan 60 Netizen Lampung secara santai

Netizen Lampung Ngobrol Bareng MPR RI

Netizen Lampung Ngobrol Bareng MPR RI - Foto : MPR RI

Eits... penasaran apa saja yang jadi harapan dan pesan Ketua MPR RI? Sabar ya broo karena Pak Zulkifli Hasan selaku Ketua MPR RI belum datang. Kegiatan ini dilaksanakan pada 19 November 2017 di Swiss-Bell Hotel, Bandar Lampung mulai pukul 18.00 WIB berakhir hingga pukul 21.30 WIB. Selain di Lampung, kegiatan ini juga dilaksanakan di Solo, Yogyakarta, Jakarta, Palembang dan Bandung.

Sebelum membahas apa seh yang didapatkan di kegiatan tersebut tak elok rasanya jika saya tidak memperkenalkan diri dulu ya broo,  Saya Agustinus Leantoro pendiri Debroo.net dulu Debroo.com dan sebuah portal berita yang saat ini jarang saya update karena kesibukan mengurus anak yang masih balita beufh, karena profesi saya tidak butuh ke kantor yang kata orang ngantor nya make Kolor, kalo capek molor jadi lah saya Bapak Rumah Tangga heheh.

Saya belum lama bergabung di Tapis Blogger yang mensupport kegiatan ini, jadi saya belum banyak mengenal banyak anggota Tapis Blogger jadi karena saya berasal dari salah satu kecamatan di Lampung Timur yakni Kecamatan Pekalongan, dan kebetulan saya mendapat undangan untuk ikut menjadi peserta di kegiatan ini, akhirnya saya meluncur sendirian ke Bandar Lampung, cukup melelahkan ditambah suasana yang dingin selepas hujan mampu membuat saya yang gendut ini sedikit kedinginan (tapi setelah di ruangan jadi kepanasan, sepertinya AC kurang mampu mengakomodir suhu dari 60 netizen belum termasuk tamu VIP)

Sesampainya di Swiss-Bell Hotel saya langsung melakukan registrasi dipandu oleh panitia daari MPR RI yang ramah-ramah dan kemudian di bekali goodiebag tentu saja berisi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan MPR RI, eits kok pada seragam kaos nih, saya pun coba buka goodiebag dan ada tas kecilnya juga ada kaos yang kemudian langsung saya kenakan (untungnya pas karena ukurannya ternyata XXL). Cus, setelah itu langsung masuk ruangan. Sebelum kegiatan dimulai Netizen Lampung makan malam bersama dan setelah itu baru dech MC memulai kegiatan malam ini.

Netizen Lampung Ngobrol bareng MPR RI, Minggu 19 November 2017 #inibaruindonesia #netizenmpr #netizenlampung

A post shared by debroo net (@debroonews) on

Kegiatan Ngobrol Bareng MPR RI dimulai dengan laporan singkat dari Kepala Biro Humas MPR Ibu Siti Fauziah mengajak Netizen untuk ikut serta mensosialisasikan empat pilar MPR, "karena netizen tidak dipungkiri harus menjadi media penghubung informasi antara rakyat dan wakilnya, sehingga terjalin hubungan saling memahami dan mendukung untuk menjaga keutuhan bangsa dan kedaulatan NKRI"

Lalu disambung dengan paparan santai oleh Sekjen MPR RI, Bapak Ma'ruf Cahyono, yang mengungkapkan tentang upaya menghadapi masalah bangsa yang sedang terjadi saat ini bahkan telah menjadi trending seperti berita hoax yang dapat menimbulkan akibat buruk untuk kids jaman now menjadi sering gagal paham dan menjadi generasi micin yang tak taat aturan dan tidak mengerti Kebijakan Pemerintah, untuk itulah pentingnya Netizen sebagai ujung tombak media sosial dapat berperan aktif ikut serta mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI yang meliputi :

1. Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara
2. UUD NRI Tahun 1945 Sebagai Konstitusi Negara
3. NKRI Sebagai Bentuk Negara
4. Bhineka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Negara

Netizen Lampung Ngobrol bareng MPR RI, Minggu 19 November 2017 #inibaruindonesia #netizenmpr #netizenlampung

A post shared by debroo net (@debroonews) on

Untuk diketahui, MPR sebelum menggunakan Empat Pilar MPR pada awalnya menggunakan isitilah Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Namun karena digugat oleh masyarakat di Mahkamah Konstituti, MPR kemudian menggantinya dengan sebutan istilah Empat Pilar MPR RI.

Kembali ke Pak Ma'ruf Cahyono, masih dengan gaya santainya Pak Ma'ruf Cahyono pun kemudian membacakan sebuah puisi yang kini menjadi manifesto MPR RI entah siapa yang telah menciptakan puisi tersebut pastinya puisi tersebut berhasil membuat saya terbuai, eh tersindir maksudnya dan bisa jadi sebuah cambuk dalam hati para netizen lainnya juga saya sendiri yang selama ini sering cuek bebek dengan segala kebijakan dan aturan pemerintah.

Penasaran ya Broo dengan isi puisinya, sampai saat ini, saya belum tahu apa judul puisi yang dibawakan secara apik oleh Bapak Ma'ruf Cahyono ah, tapi yang pasti itu adalah manifesto Gerakan “Ini Baru Indonesia” dan kita tidak usah pusing mikirin siapa yang nulis, tapi mikir makna dan implementasi manifesto ini sendiri yang terkandung di dalam baris-baris puisi dibawah ini ya.. ayo sama-sama kita baca dan kita renungkan, pasti dalem loh broo..

Masih Indonesiakah kita
setelah sekian banyak jatuh bangun
setelah sekian banyak tertimpa dan tertempa
setelah sekian banyak tebentur dan terbentuk

 

Masihkah kita meletakkan harapan di atas kekecewaan
persatuan di atas perselisihan
musyawarah di atas amarah
kejujuran di atas kepentingan

 

Ataukah ke-Indonesia-an kita telah pudar
dan hanya tinggal slogan dan gambar?

 

Tidak!

 

Karena mulai kini, nilai-nilai itu kita lahirkan kembali
Kita bunyikan dan kita bimikan
menjadi jiwa dan raga setiap manusia Indonesia

Dari Sabang sampai Merauke
kita akan melihat lebih banyak lagi
senyum ramah dan tegur sapa
gotong royong dan tolong menolong
kesantunan bukan anjuran tapi kebiasaan
kepedulian menjadi dorongan

Dari terbit hingga terbenamnya matahari
kita melihat orang-orang berpeluh tanpa mengeluh
berkeringat karena semangat
kerja keras menjadi ibadah
ketaatan menjadi kesadaran
kejujuran menjadi bagian harga diri dan kehormatan

Wajah mereka adalah wajah Indonesia yang sebenarnya
tangan mereka adalah tangan Indonesia yang sejati
keluhuran budi mereka adalah keluhuran Indonesia yang sesungguhnya

Hari ini kita gemakan, Ini Baru Indonesia!

Selesai Pak Ma'ruf baca puisi, keriuhan ruangan pun tiba-tiba pecah waduh ada apa ya broo, ya tentu saja kehadiran Bapak Zulkifli Hasan yang saat ini menjadi Ketua MPR RI yang juga berasal dari Tanah Lada ini, tepatnya dari Lampung Selatan.

Dengan gaya yang juga santai menggunakan kaos yang sama dengan kami netizen, Pak Zul demikian panggilan akrab beliau tetaplah berwibawa tentu jika disandingkan dengan saya heheh yang gak punya wibawa sama sekali, dengan semangat berapi-api Pak Zul menyapa kami dengan sapaan khas Lampung "Tabik Pun" kami pun sontak dan berdiri dan menjawab salam beliau dengan menyebutkan "Ya Pun".

Ketua MPR RI - Dr. (HC) ZULKIFLI HASAN, SE, MM - Foto: MPR RI

Ketua MPR RI - Dr. (HC) ZULKIFLI HASAN, SE, MM - Foto: MPR RI

Tentu saja Ngobrol Bareng MPR RI ini sangat lengkap, karena Pak Zul bisa hadir secara langsung di Lampung, yah mungkin karena memang beliau asalnya dari Lampung ah tapi yang pasti jika Beliau tidak berhalangan hadir yah tentu bisa datang karena menurut beliau Netizen now adalah penekan paling penting yang mampu menentukan opini publik melebihi ormas, karena netizen mampu membentuk opini publik.

Tak hanya itu saja, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan ini berpesan kepada para netizen lampung agar menggunakan media sosial secara bijak karena media memiliki kekuatan besar yang jika digunakan secara baik dan benar dapat membantu mempertahankan Indonesia. Pak Zul juga mengajak netizen menggunakan medsos untuk menjaga dan merawat keberagaman.

“Dengan medsos kita jaga persatuan dan perkuat persaudaraan sesama anak bangsa. Jangan terpancing berita berita Hoax yang menyesatkan itu,” Zulkifli Hasan juga mengajak netizen untuk menggunakan media sosial sebagai sarana edukasi politik pada masyarakat

Selain itu, pesan Ketua MPR RI kepada Kids zaman Now yang ingin eksis harus memenuhi syarat ini :

1. Mengerti dengan budaya daerah, sehingga dalam tutur kata dan bersikap mampu menyesuaikan diri dengan budaya yang berlaku di masyarakat sekitarnya
2. Mengerti Sejarah Bangsa, karena kemerdekaan Indonesia ini merupakan hasil perjuangan bukan pemberian sehingga sudah sepatutnya Kids Zaman Now bisa memahami dan menghargai perjuangan para pendiri bangsa
3. Smart dan cekatan, serta memiliki jaringan tanpa batas yang akan akan melahirka kreatifitas dan inovasi agar Kids Zaman Now bisa survive di zaman era keterbukaan ini

Jadi membangun sumber daya manusia merupakan hal yang utama, percuma mengatakan Indonesia kaya raya, jika tidak bisa menikmati kekayaan Indonesia, berhenti memegahkan diri sebagai bangsa yang kaya raya tapi bangun dahulu manusianya agar mampu mengelola negeri sendiri.

“Melalui media sosial kita gencarkan kampanye menolak politik uang. Sampaikan pada masyarakat jangan segalanya diukur dengan uang, tapi pilihlah pemimpin karena kapasitasnya,” Ujar Pak Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional.

Sebagai Putra Lampung, Pak Zul juga mengajak netizen untuk menggunakan media sosial sebagai sarana mempromosikan pariwisata dan keindahan Lampung pada dunia

“Sekarang orang di Eropa Timur sana pun bisa lihat keindahan Lampung di Media Sosial. Ayo kita kenalkan kampung halaman kita pada dunia, jadi masyarakat Lampung jangan minder, kita akan dapat meraih apa yang diharapkan jika kita berusaha dengan baik, begitu banyak pemuda asal Lampung yang turut serta membangun bangsa contoh real salah satunya adalah saya yang berasal dari daerah pelosok Lampung” tutup Zulkifli Hasan

Hastag #inibaruindonesia, #netizenmpr dan #netizenlampung pun berhasil menjadi trending topik di Twitter dan Instagram.

Gimana Broo, berat bukan nah itulah harapan harapan dari Ketua MPR RI yang juga merupakan harapan seluruh Bangsa Indonesia kepada kita sebagai Netizen yang menjadi bagian dari Rakyat Indonesia yang harus selalu menjaga dan mengamalkan empat pilar MPR, supaya tidak hilang tergerus dengan perpecahan bangsa, supaya kelestarian nilai luhur dan cita-cita bangsa Indonesia terus terjaga dan dapat terpenuhi sehingga kedaulatan NKRI semakin kuat.

Yah, semoga saja melalui Kegiatan Netizen Lampung Ngobrol Bareng MPR RI : Bijak Menggunakan Medsos, Jaga dan Amalkan 4 Pilar MPR bisa terwujud meski mungkin harus butuh proses yang panjang. yang terpenting sebagai Netizen harus bijak dalam menggunakan medsos jangan sampai ikut-ikutan menjadi penyebar Hoax. Terimakasih kepada @Zul_Hasan, @mprgoid, @TapisBlogger yang telah mengundang saya dan teman-teman Netizen Lampung.

author
No Response

Leave a reply "Netizen Lampung Ngobrol Bareng MPR RI : Bijak Menggunakan Medsos, Jaga dan Amalkan Empat Pilar MPR"