Gempa Ambon : Bandara Pattimura Hingga Mal Rusak, Masyarakat Lari Selamatkan Diri

By: On: 25 views
Gempa Ambon : Bandara Pattimura Hingga Mal Rusak, Masyarakat Lari Selamatkan Diri
Gempa Ambon

Debroo.net. Gempa Ambon Bandara Pattimura Hingga Mal Rusak, Masyarakat Lari Selamatkan Diri. Kota Ambon dan sekitarnya diguncang gempa sebanyak 5 kali dalam waktu yang berdekatan, Selasa (31/10/2017) malam.

Warga berhamburan di jalanan sesaat setelah Ambon diguncang gempa

Gempa Ambon – Warga berhamburan di jalanan sesaat setelah diguncang gempa

Pusat gempa berada pada 46 km dari teluk Ambon, dengan Kedalaman gempa pada 10 kilometer dan memiliki kekuatan magnitudo bervariasi antara 4 hingga 6,2 getaran yang ditimbulkan terasa sangat kuat dan membuat warga ketakutan, hingga lari menyelamatkan diri.

Gempa Ambon - Kondisi Bandara Patimura di kawasan Laha Ambon setelah diguncang gempa

Gempa Ambon – Kondisi Bandara Patimura di kawasan Laha Ambon setelah diguncang gempa

Kuatnya getaran gempa ambon juga menyebabkan Bandara Pattimura hingga pusat perbelanjaan, seperti Maluku City Mall mengalami kerusakan, di Maluku City Mall yang ada di kawasan Aster, Kecamatan Sirimau Ambon, plafonnya runtuh. Tak hanya itu bioskop di pusat perbelanjaan Ambon City Center di kawasan Passo juga mengalami kerusakan sangat parah.

Gempa Ambon - Kondisi pusat perbelanjaan Maluku City Mall setelah diguncang gempa

Gempa Ambon – Kondisi pusat perbelanjaan Maluku City Mall setelah diguncang gempa

Kerusakan pada Bandara Pattimura Ambon akibat Gempa Ambon yang berlangsung berulang kali menyebabkan plafon di bandara ambruk. Selain itu, kerusakan juga terjadi di Markas Kodam XVI Pattimura dan sejumlah kawasan lainnya.

Gempa Ambon - Kondisi bioskop di ACC Ambon setelah diguncang gempa

Gempa Ambon – Kondisi bioskop di ACC Ambon setelah diguncang gempa

Gempa itu juga membuat warga di Kota Ambon berhamburan keluar dari rumah-rumah mereka. Warga terlihat begitu panik dan memilih berkeumun di pinggir jalan serta di lokasi terbuka.

Gempa Ambon - Warga menunggu di depan rumah ibadah pasca-Ambon diguncang gempa

Gempa Ambon – Warga menunggu di depan rumah ibadah pasca-Ambon diguncang gempa

Hingga kini, belum ada laporan resmi soal korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa tersebut. Sementara itu, berdasarkan data yang diterima Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), data kelima gempa tersebut adalah sebagai berikut:

– gempa pertama bermagnitudo 5,7 terjadi dengan pusat gempa di laut pada kedalaman 10 kilometer pada 50 kilometer barat daya Kota Ambon pada pukul 18.31 WIB.

– gempa kedua bermagnitudo 5,6 SR dengan pusat gempa di laut pada kedalaman 40 kilometer pada 47 kilometer barat daya Kota Ambon pada pukul 18.34 WIB.

– gempa ketiga bermagnitudo 6,2 dengan pusat gempa di laut pada kedalaman 10 kilometer pada 38 kilometer Baratdaya Kota Ambon pada 18.50 WIB.

– gempa keempat bermagnitudo 4,0 pada kedalaman 10 kilometer di 47 kilometer barat daya Kota Ambon pada pukul 19.23 WIB.

– gempa kelima bermagnitudo 5,6 pada kedalaman 10 kilometer di 37 barat daya Ambon pada pukul 19.37 WIB.

Durasi gempa bervariasi pula. Gempa pertama dan ketiga misalnya berlangsung selama 10 detik, sedangkan gempa terakhir hanya berlangsung sekitar 5 detik.

“Gempa tidak berpotensi tsunami. Pusat gempa berada pada lokasi yang sama,” tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Selasa malam. Selain Kota Ambon, gempa bumi juga terjadi di Namlea, Kabupaten Buru dan Saumlaki kabupaten Maluku Tenggara Barat

Masyarakat diimbau untuk tetap tidak terpancing isu adanya tsunami dan diimbau tetap di luar rumah dan bangunan serta mencari tempat yang aman. Kondisi listrik tetap menyala dan komunikasi telepon tetap normal.

No Responses

Leave a Reply