Takut Jantung Bocor Pada Bayi, Segera Kenali Ciri dan Gejala, Penyebab dan Pengobatan Yang Efektif, Aman dan Murah

By: On: 12 views
Takut Jantung Bocor Pada Bayi, Segera Kenali Ciri dan Gejala, Penyebab dan Pengobatan Yang Efektif, Aman dan Murah
Jantung Bocor ASD

Debroo.net. Takut Jantung Bocor Pada Bayi, Segera Kenali Ciri dan Gejala, Penyebab dan Pengobatan Yang Efektif, Aman dan Murah. Apakah Jantung Bocor itu?

Jantung Bocor adalah kelainan bawaan atau kongenital masalah pada struktur jantung yang sejak lahir sehingga akan mengubah aliran normal darah melalui jantung. Jantung memiliki dua sisi yaitu kanan dan kiri, yang dipisahkan oleh dinding atau sekat bagian dalam yang disebut septum.

Jantung Bocor VSD

Jantung Bocor VSD

Fungsi Jantung sebelah kanan adalah menerima darah miskin oksigen dari tubuh dan memompanya ke paru-paru. Sedangkan Fungsi Jantung sebelah kiri menerima darah yang kaya oksigen dari paru-paru dan memompanya ke seluruh tubuh.

Sedangkan fungsi Septum adalah mencegah pencampuran darah antara jantung kanan dan kiri. Namun, beberapa bayi dilahirkan dengan lubang di septum bagian atas atau bawah dan kondisi inilah yang sering disebut dengan jantung bocor.

Jantung juga memiliki 4 ruangan, jantung sebelah kanan masing-masing memiliki 2 ruangan (serambi di atas dan bilik di bawah), begitu juga dengan jantung sebelah kiri memiliki serambi dan bilik. Jika terdapat lubang atau kebocoran di septum antara dua serambi atas jantung maka disebut sebagai defek septum atrium (ASD = atrial septal defect).

Sedangkan apabila terdapat lubang atau kebocoran di septum antara dua bilik jantung maka disebut defek septum ventrikel (VSD = vertricular septal defect). Dengan adanya kebocoran pada jantung baik itu ASD atau VSD maka darah dari sisi kiri jantung dapat masuk ke sisi kanan.

Dengan demikian, darah yang kaya oksigen bercampur dengan darah yang miskin oksigen. Akibatnya, beberapa darah kaya oksigen dipompa ke paru-paru bukan ke tubuh.

Diagnosis dan pengobatan jantung bocor sudah sangat canggih sehingga Anak-anak yang memiliki penyakit jantung bawaan sederhana dapat bertahan hidup sampai dewasa.

Terjadinya kebocoran pada jantung ini tidak dapat dirasakan atau diketahui, untuk mengetahuinya harus diperiksakan ke dokter atau laboratorium, namun ciri ciri jantung bocor dapat diketahui dan dapat menjadi acuan anda untuk mengetahui apakah anda mengalami jantung bocor.

Ciri-ciri Jantung Bocor

Jantung Bocor ASD

Jantung Bocor ASD

1. Mudah Merasa Lelah
Seorang yang mengalami jantung bocor mudah merasa lelah meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat. Hal ini dikarenakan aliran darah yang tidak mengalir dengan lancar keseluruh tubuh membuat si penderita jantung bocor kekurangan tenaga. Dimana jantung yang seharusnya membawa karbondioksida melalui darah ke organ paru paru mengalami keterhambatan sehingga membuat otot jantung bekerja lebih ekstra lagi, hal ini dapat membuat tubuh si pasien menjadi lemas.

2. Sesak napas
Penderita jantung bocor akan mengalami sesak napas. Hal ini dikarenakan darah yang membawa oksigen keseluruh tubuh termasuk organ paru paru tidak dapat mengalir dengan baik. Dampaknya si penderita akan mengalami sesak napas dan terdapat beberapa kasus si penderita mengalami nyeri pada bagian dada.

3. Memiliki tubuh yang lebih kecil
Biasanya ukuran tubuh yang kecil ini akan dialami oleh penderita penyakit jantung bocor sejak masih bayi. Hal ini karena adanya kelainan septum atrium. Selain itu karena aliran darah yang membawa nutrisi dan oksigen keseluruh tubuh tidak mengalir dengan lancar sehingga penderita jantung bocor akan kekurangan gizi, kurangnya gizi ini akan berhubungan dengan pertumbuhan.

4. Mengalami gagal jantung
Seorang dengan jantung bocor memiliki resiko mengalami gagal jantung yang lebih tinggi. Jika jantung bocor tidak segera ditangani secara medis maka dapat berakibat fatal dan dapat merusak organ jantung itu sendiri. Semakin lama semakin rusak organ jantung maka jantung pun dapat mengalami gagal fungsi.

5. Terdapat penumpukan darah
Seorang yang mengalami jantung bocor akan mengalami penumpukan darah, seperti contohnya terjadi penumpukan darah pada organ paru paru. Penumpukan darah ini sangat tidak baik bagi kesehatan jika didiamkan dapat berdampak buruk tentunya tidak hanya bagi jantung namun bagi tubuh anda.

6. Detak jantung lebih cepat dan keras
Penderita jantung bocor memiliki detakan jantung yang berbeda dengan orang yang jantungnya sehat. Detakan pada penderita jantung bocor menjadi lebih cepat dan lebih keras diatas normal.

7. Napsu makan berkurang
Penderita jantung bocor juga mengaami kurang napsu makan, napsu makan berkurang ini akan sangat berdampak pada kesehatan.

8. Organ tertentu mengalami pembengkakan
Tidak lancarnya aliran darah akibat jantung bocor dapat menyebabkan penumpukan zat yang dibawah oleh darah, hal ini dapat menyebabkan organ organ tubuh yang mengalami penumpukan tersebut mengalami pembengkakan. Yang paling umum terjadi pada organ paru paru dimana organ tersebut paling dekat dengan jantung, selain itu terjadi pada bagian perut sampai keleher.

9. Bagian tubuh tertentu berwarna biru
Ciri ciri yang terakhir dari penderita jantung bocor adalah terdapat warna biru pada bagian bagian tubuh tertentu. Pada umumnya terjadi pada ujung kuku, lidah, dan bibir. Warna biru tersebut seperti lebam yang diakibatkan dari tidak lancarnya peredaran darah ke seluruh tubuh.

Jantung bocor merupakan penyakit yang cukup berbahaya karena jantung adalah organ yang penting bagi tubuh manusia. Untuk itu jika anda merasakan ciri ciri diatas terjadi pada diri anda, yang pertama anda lakukan adalah tenang dan jangan panik segeralah mencari dokter atau spesialis penyakit dalam. Semakin cepat anda mengobatinya maka kemungkinan untuk sembuh akan semakin tinggi.

Penyebab Jantung Bocor

Faktor keturunan memliki peran dalam beberapa kelainan jantung bawaan. Misalnya, orang tua yang memiliki cacat jantung bawaan sedikit lebih mungkin dibandingkan orang tua yang sehat.

Anak-anak yang memiliki kelainan genetik, seperti sindrom Down, sering memiliki kelainan jantung bawaan. Bahkan 50% bayi dengan sindrom Down memiliki kelainan jantung bawaan.

Merokok selama kehamilan juga telah dikaitkan dengan beberapa penyakit jantung bawaan, termasuk jantung bocor. Hingga saat ini para ilmuwan masih terus mencari penyebab jantung bocor.

Cara Mengobati Jantung Bocor

Sebagian besar Jantung bocor ASD menutup sendiri selama masa kanak-kanak. Dan apabila tidak menutup, beberapa ASD kecil tidak menyebabkan masalah dan mungkin tidak memerlukan pengobatan apapun. Tapi ASD persisten pada akhirnya membutuhkan pembedahan untuk dikoreksi.

Jantung bocor VSD kecil tidak memerlukan operasi untuk menutup lubang. Setelah lahir, dokter akan mengamati bayi Anda dan mengobati gejala sambil menunggu untuk melihat apakah jantung bocor dapat menutup dengan sendirinya.

Bayi, Anak-anak dan orang dewasa yang memiliki VSD besar atau yang menyebabkan gejala yang signifikan biasanya memerlukan pembedahan untuk menutup jantung bocornya. Bayi yang membutuhkan perbaikan secara operasi sering dilakukan pada usia 1 tahun pertama.

Untuk itu, sangat penting bagi seluruh masyarakat Indonesia bergabung ke BPJS supaya jika si buah hati yang baru lahir harus mendapatkan perawatan medis karena Jantung Bocor sudah bisa gratis dan gak perlu biaya yang mahal.

No Responses

Leave a Reply