Wajib Tahu! Gejala Awal Gagal Ginjal yang Harus Anda Waspadai, Jangan Sampai Terlambat

By: On: 3 views
Wajib Tahu! Gejala Awal Gagal Ginjal yang Harus Anda Waspadai, Jangan Sampai Terlambat

Debroo.net. Wajib Tahu! Gejala Awal Gagal Ginjal yang Harus Anda Waspadai, Jangan Sampai Terlambat. Ketika ginjal tidak bisa lagi berfungsi sesuai dengan fungsinya, maka kondisi inilah yang disebut gagal ginjal

Dimana jika penderita gagal ginjal tidak segera diberi penanganan medis yang tepat maka kondisi ini akan menyebabkan beragam masalah, bahkan bisa menimbulkan beragam komplikasi yang lebih serius. Jadi penting untuk mengenali gejala awal gagal ginjal agar tidak terlambat dalam menanganinya.

Gagal Ginjal Adalah?

Kondisi dimana ginjal kehilangan kemampuannya untuk menyaring cairan dan sisa-sisa makanan. Ginjal terletak di kedua sisi tulang belakang, tepatnya di atas pinggang, ginjal memiliki fungsi utama untuk menyaring darah. Dari fungsi penyaringan ini, ginjal akan memisahkan zat sisa yang beracun, mengatur keseimbangan elektrolit, dan mengendalikan keseimbangan cairan dalam tubuh. Ginjal juga berfungsi untuk memproduksi hormon dan enzim yang membantu dalam mengendalikan tekanan darah, menghasilkan sel darah merah, dan menjaga tulang tetap kuat.

Apabila seseorang mengalami gagal ginjal, artinya ginjalnya tidak dapat menyaring kotoran, tidak mampu mengontrol jumlah cairan dalam tubuh, dan tidak bisa mengendalikan tekanan darah. Saat kondisi ini terjadi, kadar racun dan cairan berbahaya akan terkumpul di dalam tubuh dan dapat berakibat fatal jika tidak ditangani secara medis. Hal inilah yang nantinya memberikan masalah bagi kesehatan atau nyawa Anda.

Gagal ginjal dibagi menjadi dua tahap, yaitu:

  • Gagal ginjal Akut (GGA): kondisi ini terjadi saat ginjal Anda tiba-tiba mengalami kerusakan secara mendadak sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Gagal ginjal kronis (GGK): kondisi di mana fungsi ginjal mulai menurun secara bertahap. Biasanya terjadi dalam beberapa bulan atau tahun yang sering hilang timbul. Umumnya gagal ginjal kronis timbul akibat dari kerusakan ginjal yang sudah parah dan bersifat permanen (tidak bisa disembuhkan).

Berdasarkan data yang didapatkan dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 oleh kementerian Kesehatan RI, diketahui bahwa angka penderita gagal ginjal di Indonesia terus bertambah seiring dengan bertambahnya usia. Sebagian besar orang pun menderita gagal ginjal akibat komplikasi dari penyakit hipertensi, diabetes, dan obesitas.

Gejala Awal Gagal Ginjal

Pada umumnya gejala awal gagal ginjal sulit terdeteksi. Penyakit ini dapat dimulai dari gejala yang ringan dan samar-samar. Namun, perlahan tapi pasti penyakit ini akan semakin parah dari waktu ke waktu. Biasanya, kebanyakan pasien yang menderita gagal ginjal telah hidup dengan penyakit ginjal selama beberapa waktu sebelum ciri-ciri gagal ginjal muncul. Berikut ini beberapa gejala awal gagal ginjal yang harus Anda waspadai.

1. Kencing berdarah

Ginjal yang sehat biasanya menjaga sel darah dalam tubuh saat menyaring zat sisa dari darah untuk menghasilkan urine (air kencing). Namun bila penyaring ginjal telah rusak, sel darah ini akan “bocor” dan tercampur ke dalam urine. Selain menandakan penyakit ginjal, darah dalam urine juga bisa menjadi indikasi penyakit lainnya. Misalnya infeksi atau batu ginjal.

2. Kencing berbusa

Gelembung atau busa yang berlebihan dalam urine berarti ada kandungan protein yang tinggi dalam urine. Terutama busa yang bikin Anda harus beberapa kali menyiramnya.

Busa ini mungkin terlihat seperti busa yang Anda lihat saat mengocok telur, karena protein biasa yang ditemukan dalam urine, albumin, adalah protein yang sama yang ditemukan pada telur. Protein ini seharusnya tersaring dan tidak ada dalam kencing Anda. Namun bila terdapat kerusakan pada ginjal, protein ini dapat terdeteksi pada urine dan ketika bereaksi dengan udara akan membentuk busa.

3. Pembengkakan

Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan kelebihan kadar garam (natrium) yang menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Itu sebabnya salah satu ciri-ciri gagal ginjal yang bisa kita lihat adalah pembengkakan pada kaki, tangan, atau wajah. Ini juga disebabkan karena cairan yang berlebih di dalam tubuh.

Tes laboratorium adalah satu-satunya cara untuk memastikan gejala awal gagal ginjal

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk memastikan apakah Anda memiliki penyakit ginjal adalah dengan melakukan tes laboratorium. Terlebih, bagi Anda yang memang memiliki riwayat penyakit diabetes dan hipertensi. Ada baiknya melakukan pengecekan secara rutin.

Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan gagal ginjal kronis. Namun, gagal ginjal akut masih mungkin disembuhkan.

Perawatan terhadap penyakit ini hanya mengutamakan pengendalian gejala yang ditimbulkan dan mengontrol perkembangan penyakit sehingga bisa mencegah komplikasi yang lebih serius. Itu sebabnya, hal yang terpenting untuk mencegah penyakit gagal ginjal adalah dengan mulai menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Jangan lupa rajin berolahraga, terutama bagi Anda yang keluarganya memiliki riwayat penyakit ginjal.

Source link

No Responses

Leave a Reply