Intel Hentikan Dukungan Terhadap Xeon Phi 7200 Coprocessor

Tahukah Anda dengan produk Intel Xeon Phi 7200 Coprocessor? Ya keturunan dari proyek GPU Larrabee yang dinyatakan gagal besutan Intel ini kabarnya sekarang telah dipensiunkan atau dengan kata lain telah dihentikan keberadaannya.

Berita mengejutkan yang tersebar secara online ini disinyalir berasal dari Intel sendiri yang dikenal sebagai pihak yang berwenang untuk itu. Sejatinya pengumuman tersebut tampak telah dipublikasikan melalui salah satu postingan forum Intel, seperti apa yang diperlihatkan oleh Phoronix, blog berita yang sangat menggemari Linux .

Pada forum yang ada, para responder tampak mengeluhkan hilangnya semua referensi yang berkaitan dengan Intel Xeon Phi 7200 Coprocessor dari situs web resmi Intel, termasuk juga dengan keberadaan perangkat lunak MPSS 4.0. Sementara itu, salah satu perwakilan Intel pun akhirnya menanggapinya dan menegaskan kalau penghentian dukungan produk Intel Xeon Phi 7200 Coprocessor (dengan nama kode Knights Landing Coprocessor) dari pasaran tersebut sebagai imbas dari bagian proses evaluasi produk yang sedang berjalan untuk memberikan solusi terbaik bagi tantangan konsumennya ke depannya.

Dengan cepatnya adopsi prosesor Intel Xeon Phi 7200, Intel telah memutuskan untuk tidak menggunakan Knights Landing Coprocessor ke pasaran umum.
Keberadaan prosesor Intel Xeon Phi tetap menjadi elemen kunci dari portofolio solusi yang dihadirkan oleh Intel untuk memberi para pelanggan setianya solusi yang paling menarik dan kompetitif.

Prosesor Xeon Phi Knights Landing hadir dalam dua cita rasa, yaitu: prosesor host soket LGA 3647 dan Add-In Card (AIC) pada PCIe terpasang. Intel merancang produk Knights Mill untuk menangani berbagai macam beban kerja AI dan HPC.

Perkembangannya sendiri ternyata tidak sepenuhnya tak terduga. Di awal peluncuran Knight Landing, Intel malah sempat memperkirakan kalau saat itu setidaknya lebih dari 50% pelanggannya lebih memilih varian prosesor host. Menyadari hal itu, keberadaan prosesor soket dinilai memiliki beberapa keuntungan penting dibandingkan model AIC, seperti kemampuan bootabilitas dan pilihan untuk struktur Omni-Path terpadu 100Gb/s.

Knights Landing adalah produk pertama yang masuk ke pasaran dengan menggunakan topologi mesh baru dari Intel, yang menghubungkan 72 core quad-threaded Silvermont-derived menjadi sebuah unit kohesif. Topologi mesh baru tersebut sekarang telah difilter ke dalam prosesor Intel Purley dan Skylake-X.

Sementara itu, Intel memiliki produk Knights Mill baru yang masuk ke pasaran, namun Intel tampaknya masih belum mau mengungkapkan jumlah core yang bakal diusungnya. Dengan jelas, keluarga Knights Mill hanya hadir sebagai prosesor host, dan bukan pada form factor AIC.

Intel memiliki banyak pilihan untuk menangani segala hal yang berkaitan dengan tugas-tugas pembelajaran mesin (machine learning), termasuk FPGA dari Xilinx, Nervana ASIC, dan prosesor host Knights Landing. Masih menaruh harapannya Intel terhadap keberadaan prosesor host sejauh ini, tampak menyiratkan kalau prosesor Xeon Phi tersebut akan tetap menjadi bagian penting dari portofolio Intel yang sewaktu-waktu bisa saja dihadirkan kembali.

Sumber Berita

author
No Response

Leave a reply "Intel Hentikan Dukungan Terhadap Xeon Phi 7200 Coprocessor"