by

Dunia Kebidanan : Hamil Tiga Bulan Perut dan Pinggang Kiri Terasa Sakit

Debroo.net. Hamil Tiga Bulan Perut dan Pinggang Kiri Terasa Sakit. Jika Anda seorang ibu hamil yang merasakan sakit pada area perut dan pinggang sebaiknya Anda konsultasikan pada dokter kandungan untuk mengetahui penyebabnya. Sebab adanya rasa sakit pada area perut hal itu penyebabnya dapat beragam sehingga tidak sembarangan untuk mendiagnosa sakit perut yang sedang kita rasakan.

Masalah gejalah sakit pada bagian perut merupakan sebuah gejalah gangguan kesehatan yang sering dikeluhkan oleh sebagian orang, seperti halnya sakit perut sebelah kiri saat hamil. Bagi anda yang sering merasakan nyeri atau sakit pada bagian perut, perlu kiranya anda harus berhati-hati. Sebab akan dikhawatirkan Anda akan mengalami gangguan kesehatan yang lebih parah.

Menjaga kandungan Anda tetap sehat hingga waktunya tiba merupakan hal yang terbilang sulit untuk setiap wanita yang sedang mengandung. Jangan sampai masalah yang Anda alami berpengaruh pada bayi yang ada dikandungan. Banyak jenis gangguan kesehatan yang dapat dikatakan serius dengan diawali tanda-tanda sakit perut. Memang terlihat biasa saja dan wajar jika Anda merasakan sakit perut.

Namun yang harus di waspadai saat Anda sakit perut jika rasa sakit yang Anda rasakan terus menerus maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan secepatnya. Apalagi melihat organ perut yang terdiri atas beberapa bagian. Anda harus cermat merasakan rasa sakit pada sebelah mana di perut Anda.

Sakit perut sebelah kiri saat hamil memang sering dirasakan oleh beberapa wanita yang sedang mengandung. Ada kalanya Anda yang sedang hamil harus waspada dengan kondisi tersebut. Karena dikhawatirkan dapat membahayakan kandungan Anda.

Rasa sakit perut pada wanita hamil memang membuat Anda tidak nyaman. Untuk itu Anda perlu mengetahui apa penyebab dari rasa sakit perut Anda sebelah kiri saat hamil. Dunia kebidanan kali iniĀ  memberikan informasi tentang sakit perut sebelah kiri saat usia kehamilan masuk tiga bulan.

Baca Juga :  Dunia Kebidanan : Penyebab Nyeri Di Atas Simfisis Di Saat Hamil

Sakit perut sebelah kiri saat hamil sering terjadi pada masa trimester 2. Biasanya di sebabkan oleh:

Kondisi normal kehamilan

Tanda-tanda rasa sakit perut sebelah kiri saat hamil cenderung sebagai rasa yang kadang hilang dan kadang timbul. Rasa sakit ini biasanya dapat terasa hingga ke daerah selangkangan, nyeri berkaitan atau timbul dengan pergerakan seperti saat ingin berdiri dari posisi duduk, saat batuk, bersin, saat berkemih atau saat berdiri.

Hal ini merupakan rasa sakit yang dikarenakan teregangnya ligament panggul yang menyangga rahim Anda yang semakin membesar. Hal ini merupakan hal yang normal terjadi. Mengatasinya, Anda dapat melakukan sedikit pergerakan secara perlahan atau mencari posisi yang nyaman, atau menyangga perut ketika berdiri atau ingin berpindah atau bangun.

Kontraksi palsu

Terjadinya kontraksi palsu atau yang sering disebut dengan bratox hills. Anda akan merasakan rasa sakit perut sebelah kiri seperti terjadinya kram namun tidak terus-menerus,tidak reguler, terjadi tidak menentu. Biasa muncul pada awal trismester 3 namun dapat muncul dini pada saat awal trismeter dua.

Kondisi tidak normal

Kondisi tidak normal pada rasa sakit perut sebelah kiri saat hamil adalah dimana terjadinya infeksi pada saluran kemih. Misalnya terdapat kelemahan atau perdarahan pada plasenta di sisi tersebut, atau kondisi lainnya.

Rasa sakit perut sebelah kiri saat hamil biasanya diawali dengan tanda-tanda mengalami pusing dan mual. Tanda rasa sakit perut sebelah kiri bawah merupakan tanda-tanda dari kehamilan. Karena pada bagian tersebut adalah letak embrio. Dengan pertumbuhan embrio tersebut menyebabkan rasa sakit pada perut sebelah kiri bawah.

Rasa sakit yang ditimbulkan memang tidak begitu sakit. Anda akan merasakan kram bagi wanita hamil biasanya disertai dengan bercak darah. Kondisi ini akan berlangsung secara teratur. Kondisi tersebut akan berlnjut hingga kehamilan melewati trimester kedua. Lebih kurang hingga letak uterus berada di tengah dan disanggah oleh panggul.

Baca Juga :  Inilah Cara Mengatasi Perut Gatal Saat Kehamilan

Sumber : duniakebidanan.com

Loading...

Comment