by

Inilah 16 Macam Lomba Peringatan Kemerdekan RI pada 17 Agustus Untuk Segala Umur

Debroo.net. Inilah 16 Macam Lomba Peringatan Kemerdekan RI pada 17 Agustus Untuk Segala Umur. Tidak terasa bahwa kita telah memasuki bulan Agustus, dimana Agustus merupakan bulan yang paling penting untuk Negara Indonesia, karena tepat pada 17 Agustus Seluruh Rakyat Indonesia memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia.

Lomba Bule Panjat Pinang 17 Agustus
Lomba Bule Panjat Pinang 17 Agustus

Dalam peringatan Kemerdekaan RI tersebut biasanya banyak sekali kegiatan-kegiatan perlombaan yang diadakan dari semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga kakek nenek, lomba-lomba yang diadakan tersebut biasanya memuat kelucuan, kebersamaan, paling gokil, unik dan tentunya sebagai satu kesatuan guna menambah kemeriahan peringatan kemerdekaan Indonesia yang pada tahun ini tepat 72 Tahun Indonesia Merdeka.

Inilah Macam-Macam Lomba Peringatan Kemerdekan RI pada 17 Agustus Untuk Segala Umur

1. Lomba balap karung
lomba balap karung merupakan lomba klasik yang masih menjadi favorit dan masih disukai oleh semua orang. Perbedaan antara balap karung yang sekarang dengan jaman dulu adalah, pada beberapa tahun belakangan lomba balap karung menggunakan karung goni, sedangkan pada saat ini kebanyakan panitia menggunakan karung plastik (glangsi)

2. Lomba makan kerupuk
Lomba yang menjadi favorit berikutnya adalah Lomba Makan Kerupuk. Lomba makan kerupuk merupakan lomba yang wajib ada dalam setiap gelaran lomba peringati HUT Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus atau yang disebut dengan istilah Agustusan. Bahkan dibeberapa daerah malah ada lomba makan kerupuk sekalian sama nasi dan lauknya. Selain itu, agar terlihat modern, dibeberapa wilayah di Jawa Timur justru menambahkan dengan sambal tabur diatas kerupuknya.. wow apa gak pedas ya..??

3. Lomba Masukkan Paku atau Pensil ke dalam botol
Nah, omba ini membutuhkan kesabaran tingkat tinggi untuk dapat memasukkan paku/pensil kedalam botol, hal ini dikarenakan posisi memasukkannya cukup sulit karena paku atau pensil digantung dengan benang dan diikatkan dibelakang perut peserta. Uniknya pada beberapa daerah media yang digunakan seperti paku diganti dengan pensil, bolpoin ataupun bambu, yah apapun media nya pastinya lebih kecil dari lubang botolnya ya broo.

4. Lomba memasukkan bendera ke dalam botol
Sama halnya dengan Lomba Masukkan pasku/pensil, lomba memindahkan bendera kedalam botol dalam jumlah sebanyak-banyak merupakan perlombaan paling simpel, tapi butuh kecepatan agar dapat memenangkan perlombaan ini. Bagi yang tidak kuat berlari, mending ikutan aja hitung-hitung untuk program diet berat badan.

5. Lomba memasukkan belut ke dalam botol
Lomba ini merupakan salah satu lomba paling sulit menurut penulis loh Broo.. (karena penulis kalah terusss) Ada yang berani ikut lomba memasukkan belut kedalam botol? Tidak semua orang berani mengikuti lomba memasukkan belut dari wadah besar seperti baskom belut diambil dengan tangan dan dipindahkan kedalam botol (bisa dibayangkan khan betapa belut itu licin?). Butuh trik khusus agar belut yang dipegang tidak terlepas. Triknya cukup sederhana, gunakan kuku untuk memegang kepala belut eit awas jangan sampai mati ya belutnya…

6. Lomba memindahkan kelereng pakai sendok
Lomba memindahkan kelereng menggunakan sendok ini juga terbilang sulit, karena butuh kekuatan gigi saat menggigit sendik yang ada kelerengnya dan dibutuhkan juga keseimbangan agar kelereng tidak jatuh selain itu butuh juga kecepatan bergerak. Bagaimana trik memenangkan lomba kelereng ini? Silahkan gigit sendok di pinggir mulut kalian!

7. Lomba Pecahkan balon air
Lomba ini pastinya akan basah dan tak jarang kena pukul temannya, namun hal itu sangat wajar karena semua peserta yang mengikuti lomba memecahkan balon berisi air ini matanya ditutup menggunakan selembar kain sehingga sangat menyulitkan. Selain itu biasanya balon bisa diganti juga dengan kendi ataupun plastik dengan berisikan air warna-warni. Jadi basah jangan takut ya Brooo

8. Lomba tarik tambang
Ini termasuk lomba yang selalu ada di setiap Agustusan, merupakan lomba antar team yang saling beradu kekuatan menarik tambang jadi menarik atau ditarik yah… butuh kekuatan fisik yang kuat agar dapat memenangkan lomba ini.
Lomba ini biasanya setiap grup diisi dengan 4-5 orang. Untuk memenangkan lomba tarik tambang ini sebenarnya cukup mudah, tempatkan anggota grup yang memiliki tenaga paling besar (biasanya yang paling gendut) dibagian depan bukan dibelakang, dan eits pasti sering salah kaprah, yang gendut justru ditaruh di bagian belakang heehe padahal dialah “kunci” yang akan menentukan untuk bertahan dan menarik lawan dilomba klasik ini.

9. Lomba sepeda lambat
Apa, sepeda lambat kok dilombakan, bukankah harusnya balap sepeda itu saling adu kebut?, eits emangnya balap motor di lomba 17 Agustus ini justru ada yang unik yakni lomba balap sepeda lambat. Sang pemenang adalah orang yang paling lambat mengendalikan sepeda dari garis finish, dengan kata lain inilah lomba modern yang juga paling sulit dimenangkan selain panjat pinang dan memasukkan pensil dalam botol dan pindahkan belut.

10. Lomba sepakbola sarung
Ini biasanya menjadi lomba paling gak bisa nahan ketawa, alias paling lucu, kenapa karena bukannya menendang bola, eh malah seringnya berjatuhan, bahkan penulis yakin pemain sekelas Ronaldo saja gak bisa memasukkan bola ke dalam gawang di Lomba Sepakbola Sarung ini karena untuk menendang bola saja para pemain akan kesulitan

11. Lomba gigit koin
Nah bagi yang memiliki gigi bagus dan rata gak salah inilah omba untuk Anda, terutama juga ingin dapat uang dengan mudah, tidak ada salahnya mengikuti lomba gigit uang ini. Lomba yang ngetrend sejak awal tahun 2000-an ini biasanya menggunakan media kelapa muda, buah semangka ataupun sayur terong, namun media tersebut terlebih dahulu di lumuri dengan coklat, kopi bubuk maupun oli dan minyak sayur. Jadi kebayangkan wajah peserta lombanya.. ehhehe

12. Duel bantal
Merupakan salah satu lomba yang terbilang sulit dilakukan, Lomba perang bantal ini dilaksanakan diatas kolam berisi genangan air berlumpur. Setiap peserta dimodali satu bantal atau guling yang telah dibasahi terlebih dahulu, hal ini tentu akan menambah beban bagi peserta karena harus membagi konsentrasi agar tidak terjatuh ke air. Nah loo… pasti jatuh ke air khan.. pasti dunk… kalau kalah.

13. Lomba balap bakiak
Lomba bakiak dilakukan per team biasnaya terdiri minimal 2 orang. Butuh kekompakan untuk memenangkan lomba balapan ini. Usahakan selalu menjaga ritme agar kaki yang melangkah sama antara satu dengan yg lain karena jika gak sama… dijamin bakalan jatuh..

14. Lomba joget balon berpasangan
Nah, kalau lomba ini, penulis pernah menang broo, lomba joget balon ini mudah dilakukan asal kompak geraknya, tapi kenyataannya lomba joget dengan balon yang diapit oleh dua peserta ini tidak semudah yang dibayangkan. Karena sifat balon yang licin menjadikannya tidak mudah untuk diapit, terlebih jika mengapitnya menggunakan dahi atau perut.

15. Lomba Egrang
Lomba balap egrang merupakan lomba yang membutuhkan keseimbangan badan tetap terjaga. Dalam beberapa perlombaan, egrang di kombinasikan dengan pertandingan sepakbola dan lomba makan kerupuk, semua menggunakan engrang sebagai media berjalan agar terlihat unik dan menarik.

16. Lomba panjat pinang
Ini merupakan lomba agustusan paling sulit hingga saat ini mengingat setiap pinang (pohon jambe) yang digunakan telah dilumuri dengan oli atau minyak goreng. Selain itu tingkat ketinggian pohon juga mempengaruhi sulitnya mendapatkan hadiah diperlombaan ini.

Sebenarnya masih banyak lomba yang diadakan di Agustusan atau di peringatan HUT Kemerdekaan RI setiap 17 Agustus namun yang umum sering dilakukan menurut penulis adalah 16 Macam Lomba Peringatan Kemerdekan RI pada 17 Agustus Untuk Segala Umur

Loading...

Comment