Membuat Ayam Taliwang Masakan Khas Lombok Yang Nikmat Disantap Saat Berbuka Puasa

Debroo.net. Membuat Ayam Taliwang Masakan Khas Lombok Yang Nikmat Disantap Saat Berbuka Puasa. Bulan ini merupakan Bulan Ramadhan bagi Umat Islam, Berpuasa wajib hukumnya bagi umat Muslim. Setelah menjalankan ibadah puasa, tentu saja saat berbuka juga harus terlaksana.

resep ayam taliwang khas lombok

resep ayam taliwang khas lombok – foodjoss.com

Resep Ayam Taliwang adalah menu yang bisa dijadikan pilihan untuk santab ketika berbuka puasa. Ayam Taliwang memang menjadi menu primadona dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Menu ini sudah mendapatkan penghargaan sebagai menu halal. Tak hanya menunya, Lombok juga dinobatkan sebagai lokasi wisata halal bagi turis muslim.

Tak ada salahnya berbuka puasa dengan Ayam Taliwang. Kita bisa membuat ayam taliwang sendiri di rumah. Seperti dicontohkan oleh Chef The Margo Hotel Meindra Bayu Sunjaya, menu ini menjadi mudah untuk diaplikasikan. Tak perlu diragukan, rasanya begitu lezat.

“Ayam Taliwang menjadi menu paling favorit dan mudah dibuat di rumah. Meski di tahap akhir harus dibakar, atau dipanggang, ibu-ibu di rumah bisa menggunakan alat panggang sederhana.

Bahan-bahan ayam taliwang :

1. Ayam potong/Kampung
2.  Cabai merah 30 gram
3.  Bawang merah 7 gram
4.  Bawang Putih 4 gram
5.  Kemiri 2 gram
6.  Terasi 2 gram
7.  Kencur 1 gram
8.  Asam Jawa 1 gram
9.  Sereh 1 gram
10. Lengkuas 2 gram
11. Jahe 2 gram
12. Daun jeruk 1 gram
13. Daun salam 1 gram
14. Garam 3 gram
15. Kaldu ayam 2 gram
16. Air 1 gelas
17. Gula merah 2 gram

Cara Memasak Ayam Taliwang :

Sebelum dimasak, ayam harus dibersihkan hingga bersih terlebih dahulu kemudian direbus dengan menggunakan garam. Hal itu untuk membuat bakteri di dalam ayam hilang. Selain itu, ayam juga menjadi tidak amis saat disantap. Setelah itu ayam bisa diangkat dan mulai diolah.

Buatlah tumis bawang merah bawang putih dan kemiri. Masukkan pula bumbu dapur yang sudah dihaluskan, yang terdiri dari garam, sereh, bawang putih, lengkuas, jahe. Kemudian tumis hingga muncul aroma wangi.

Tambahkan daun salam dan kencur. Hingga berwarna kecokelatan kemudian tambahkan cabai merah giling. Masukkan terasi dan asam jawa secukupnya yang sudah dihaluskan.

Tambah bumbu garam dan gula merah, serta air secukupnya. Barulah ayam yang sudah direbus tadi, dimasukan bersama bumbu yang sudah ditumis. Ayam pun diungkep sampai matang.

Setelah ayam matang, angkat ayam dan tiriskan. Air rebusan sisa memasak dimasak lagi sampai kental. Lalu disiram ke atas ayam yang sudah dibumbui. Kemudian ayam dibakar dengan menggunakan oven atau alat panggang.

Siram lagi dengan sisa bumbu di atasnya. Untuk pelengkap, tambahkan tumisan kangkung di piring bersama ayam. Ayam Taliwang siap disantap.

Sumber Artikel

author
No Response

Leave a reply "Membuat Ayam Taliwang Masakan Khas Lombok Yang Nikmat Disantap Saat Berbuka Puasa"