by

Tips Mengobati Sakit Gigi Geraham Dengan Cepat dan Tepat

Debroo.net. Tips Mengobati Sakit Gigi Geraham Dengan Cepat dan Tepat. Gigi geraham merupakan bagian dari gigi manusia yang terletak paling belakang dari gigi yang lain. Bagian gigi geraham memiliki tugas untuk mengunyah makanan ketika makanan masuk kedalam mulut.

mengobati-sakit-gigi-geraham
mengobati-sakit-gigi-geraham

Karena digunakan untuk mengunyah makanan, gigi geraham adalah bagian gigi yang paling rawan terkena berbagai masalah dan terserang penyakit. Mengobati sakit gigi geraham dapat dilakukan dengan mudah asalkan kita mengetahui apa penyebab gigi geraham terasa sakit.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan gigi geraham menjadi sangat sakit. Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit gigi geraham yang harus anda tahu dan bagaimana cara mengatasi sakit gigi geraham:

  1. Gigi berlubang: Gigi geraham yang selalu digunakan untuk mengunyah makanan akan menyebabkan bagian gigi ini mudah sekali berlubang dan terserang berbagai penyakit yang ingin merusak gigi kita supaya tidak berfungsi dengan baik lagi.

Makanan yang sering kita konsumsi juga dapat mempercepat bagian gigi geraham menjadi keropos dan berlubang. Beberapa makanan yang rawan membuat masalah pada gigi antara lain makanan yang manis, asam, makanan yang sifatnya keras, makanan yang banyak mengandung garam, dan lainnya.

Cara mengatasinya adalah dengan mengurangi frekuensi konsumsi makanan penyebab gigi berlubang yang disebabkan oleh penyakit. Selain karena makanan, penyebab lain dari gigi berlubang adalah karena frekuensi menyikat gigi yang jarang atau cara yang salah dalam menyikat gigi.

Apabila kita jarang menyikat gigi, maka resiko gigi berlubang akan semakin besar dan penyakit lebih gampang untuk merusak gigi kita. Menyikat gigi yang salah juga dapat menjadi faktor lain mengapa gigi geraham menjadi berlubang.

Menyikat gigi terlalu keras pada bagian gigi geraham juga dapat membuat email gigi geraham menjadi terkikis sehingga gigi geraham cepat berlubang. Untuk mengatasi hal ini, sikatlah gigi secara rutin minimal 2 kali sehari pada pagi hari dan malam hari menjelang tidur.

Baca Juga :  Cara Mengobati Sakit Gigi Bungsu yang Sedang Tumbuh Didalam Gusi

Selain itu, perhatikan cara menggosok gigi dengan benar yakni dengan melakukan gerakan memutar sehingga lebih efektif menghilangkan sisa makanan yang masih tertinggal dalam sela-sela gigi. Agar tidak merusak email gigi, jangan terlalu keras dalam menggosok gigi.

  1. Gusi bengkak: Masalah lain pada gigi geraham adalah gusi pada gigi geraham yang bengkak. Gusi yang bengkak ini bisa disebabkan karena gigi berlubang atau ada kuman yang masuk dalam sela-sela antara gigi dan gusi sehingga menyebabkan gusi menjadi bengkak.

Biasanya gusi yang bengkak didalamnya terdapat nanah atau darah kotor sehingga apabila pecah akan menghasilkan aroma yang tidak sedap dan berasa asin. Untuk mengatasi gusi bengkak, anda bisa berkumur dengan menggunakan air putih hangat selama beberapa menit atau bisa juga dicampurkan dengan garam secukupnya sehingga didapat hasil yang lebih baik.

  1. Tumbuh gigi bungsu: Ini biasanya dialami oleh remaja karena pada usia inilah gigi bungsu mulai tumbuh. Apabila pertumbuhan gigi bungsu ini kurang normal, maka akan menyebabkan sakit gigi geraham. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan larutan garam, olesan minyak cengkeh, olesan air jeruk nipis, dan lainnya.

  2. Pipi bagian dalam luka sehingga menghasilkan sariawan yang di infeksi oleh virus sehingga menjadi sariawan. Aktifitas mengunyah pada gigi geraham sering kali membuat pipi bagian dalam menjadi terluka sehingga menimbulkan sariawan.

Saat pipi bagian dalam terluka, maka gigi akan mudah sakit dan juga aktifitas mengunyah makanan akan terganggu karena pipi bagian dalam akan terasa perih apabila terkena makanan.

Untuk mengatasi hal tersebut, berkumurlah dengan menggunakan air garam untuk menyembuhkan luka pada bagian dalam. Atau anda bisa menggunakan obat kumur yang tersedia di apotek untuk menyembuhkan sariawan tersebut.

Baca Juga :  Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak Usia 3 Tahun Dengan Cara Alami

Demikianlah tips mengobati sakit gigi geraham dengan cepat dan tepat. Dengan mengetahui apa penyebab gigi geraham menjadi sakit dan bengkak dalam gusi tersebut, maka penanganan untuk menyembuhkannya juga akan sesuai sehingga waktu penyembuhan akan semakin cepat. Apabila cara tersebut masih membuat gigi terasa sakit, segeralah berkonsultasi dengan dokter gigi agar dapat dilakukan langkah medis untuk mengetahui apa penyebab sebenarnya gigi geraham terasa sakit.

Loading...

Comment