by

Cara Mengobati Sakit Gigi Sampai Sembuh

Debroo.net. Cara Mengobati Sakit Gigi Sampai Sembuh. Gigi merupakan bagian dari mulut yang digunakan untuk menghancurkan atau melumat makanan yang masuk kedalam mulut saat makan dan didalam perut tersebut diolah diambil serat yang berguna bagi tubuh. Fungsi utama dari gigi adalah untuk menghaluskan makanan yang masuk ke mulut sebelum ditelan dan masuk ke kerongkongan.

mengobati-sakit-gigi-sampai-sembuh
mengobati-sakit-gigi-sampai-sembuh

Karena gigi selalu digunakan untuk menghaluskan makanan, gigi sering kali mengalami berbagai masalah salah satunya adalah sakit gigi. Sakit gigi biasanya terjadi karena berbagai faktor baik itu faktor eksternal maupun internal dalam cairan yang membuat kita sakit gigi. Untuk mengatasinya, kita harus tau betul cara mengobati sakit gigi sampai tuntas karena apabila hanya diobati secara sembarangan, bukan tidak mungkin sakit pada gigi akan kembali terulang sehingga akan menyiksa diri sendiri.

Sakit gigi memang sering kali menjadi masalah bagi kebanyakan orang karena apabila penyakit ini menyerang, maka aktifitas harian akan sangat terganggu apabila mempunyai penyakit tersebut. Lalu bagaimana cara mengatasi sakit gigi secara benar dan tuntas? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan.

Sebelum mengetahui langkah apa yang harus kita lakukan untuk menyembuhkan sakit gigi yang kita alami, sebaiknya terlebih dahulu kita mengetahui apa penyebab sakit gigi pada diri kita karena hal itu juga sangat menentukan cara pengobatan sakit gigi apa yang harus ditempuh secara alami. Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit gigi yang perlu anda ketahui:

  1. Malas menggosok gigi atau jarang menggosok gigi pada pagi dan malam hari. Ini adalah penyebab masalah gigi yang sering dialami oleh banyak orang karena malas untuk mengosok gigi. Banyak dari masyarakat kita yang belum sadar akan pentingnya menggosok gigi secara rutin setiap hari. Akibatnya, banyak diantara mereka yang sering mengalami sakit gigi seperti gigi berlubang atau masalah lainnya. Dokter sendiri menyarankan agar menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari yakni pada pagi hari dan malam hari sebelum beranjak ke tempat tidur.

  2. Faktor lain dari sakit gigi adalah karena kesalahan dalam menggosok gigi yang sangat tidak menghawatirkan gusi mengalami luka dalam pengosokan gigi yang terlalu keras atau ekstrim. Sebaiknya saat menggosok gigi janganlah terlalu keras karena hal tersebut dapat merusak email gigi yang justru penting untuk melindungi gigi kita agar tetap sehat. Namun dalam menggosok gigi juga tidak boleh terlalu pelan karena kotoran pada gigi sulit terlepas jika kita tidak mengosoknya dengan cepat dan tepat kotoran tersebut masih menempel pada gigi kita dan mengakibatkan gigi berlubang dan sakit gigi tersebut. Selain dari kekuatan saat menggosok gigi, ternyata gerakan menggosok gigi juga dapat mempengaruhi orang terkena masalah pada gigi mereka. Usahakan untuk melakukan gerakan menggosok gigi secara vertikal dan memutar karena gerakan tersebut dinilai cukup efektif untuk menghilangkan berbagai kotoran pada gigi.

  3. Penyebab lain yang sering diderita orang saat sakit gigi adalah karena gigi yang berlubang. Gigi berlubang memang menjadi penyebab utama sakit gigi karena jika gigi kita berlubang, maka kuman dapat dengan mudah masuk kedalam syaraf gigi sehingga gigi akan mudah terasa sakit dan nyilu yang mengakibatkan gigi rusak.

  4. Terlalu sering mengonsumsi makanan yang manis dan asam. Makanan yang manis dan asam ternyata akan membuat gigi menjadi cepat berlubang sehingga apabila terlalu sering mengonsumsi makanan yang asam dan manis, maka kesehatan gigi akan mudah terganggu.

Baca Juga :  Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Ibu yang Sedang Hamil Secara Alami

Itulah beberapa penyebab dari sakit gigi yang perlu kita ketahui agar kita tahu cara mengobati gigi sampai sembuh dengan melihat terlebih dahulu apa penyebabnya dari penyakit gigi yang kita alami. Penyebab dari gigi yang sakit adalah karena adanya bakteri atau kuman yang masuk ke syaraf gigi sehingga menimbulkan rasa sakit pada gigi.

Untuk itu, kita harus mematikan kuman dan bakteri yang ada pada gigi yang membuat gigi kita menjadi berlubang dan rusak. Caranya adalah dengan menggunakan cairan antiseptic dan antibiotic. Anda bisa membelinya di apotek tentunya dengan saran dari pihak apoteker agar penyembuhan gigi yang sakit lebih maksimal.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan bahan alami untuk menyembuhkan sakit gigi. Diantaranya adalah: garam, lemon, jeruk nipis, daun sirih, belimbing wuluh, dan lainnya. Dengan begitu, maka bakteri tidak akan berkembang biak dalam gigi sehingga gigi akan lebih cepat sembuh.

Apabila rasa sakit pada gigi datang pada saat mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin/panas, maka bisa dipastikan anda mengalami gigi sensitive. Penyebabnya biasanya karena gusi yang menempel pada gigi turun kebawah sehingga syaraf pada gigi menjadi terbuka.

Akibatnya saat mengonsumsi makanan yang dingin atau panas, maka syaraf langsung bereaksi yang menyebabkan gigi menjadi sakit atau ngilu. Untuk mengatasi gigi sensitive, anda bisa menggunakan pasta gigi yang khusus diperuntukkan gigi sensitive.

Itulah cara mengobati sakit gigi sampai tuntas yang bisa anda lakukan. Dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, maka kita dapat menentukan langkah apa yang harus ditempuh untuk mengatasi sakit pada gigi kita.

Loading...

Comment