by

Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Ibu yang Sedang Hamil Secara Alami

Debroo.net. Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Ibu yang Sedang Hamil Secara Alami. Kehamilan merupakan saat yang sangat dinanti bagi pasangan suami istri yang ingin memiliki anak. Dengan terjadinya kehamilan ini, maka peluang untuk memiliki seorang anak sudah didepan mata.

mengobati-sakit-gigi-pada-ibu-hamil
mengobati-sakit-gigi-pada-ibu-hamil

Selama proses kehamilan tersebut, tentu kesehatan fisik dan mental sang ibu harus selalu terjaga agar janin yang ada dalam kandungan tetap sehat sehingga resiko untuk terkena masalah kehamilan akan semakin kecil pada ibu hamil.

Pada saat ibu hamil mengalami sakit seperti sakit gigi, tentu sang ibu juga harus memikirkan obat yang aman untuk dikonsumsi untuk ibu hamil. Ibu hamil memang tidak diperbolehkan mengonsumsi obat-obatan yang sifatnya keras karena akan berbahaya bagi sang ibu dan sang bayi yang sedang dikandungnya.

Untuk itu, cara mengobati sakit gigi pada ibu hamil tidak boleh sembarangan dengan berbagai obat. Lalu obat seperti apa yang boleh dikonsumsi untuk ibu yang sedang mengandung supaya tidak membahayakan janin yang sedang ia kandung? Biasanya dokter selalu menganjurkan untuk mengonsumsi obat yang terbuat dari herbal karena tidak menimbulkan efek samping yang tinggi bagi ibu hamil dan bayinya.

Namun selain obat dari dokter, ternyata ada beberapa obat alami yang bisa kita dapatkan dari alam untuk menyembuhkan sakit gigi pada ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa obat sakit gigi untuk ibu hamil yang bisa anda coba.

  1. Air hangat: Air hangat ternyata dipercaya dapat dengan mudah mengatasi sakit gigi pada ibu hamil terutama yang disebabkan oleh gusi yang bengkak atau meradang. Caranya adalah dengan kumur-kumur menggunakan air hangat sampai rasa sakit pada gigi berkurang lakukan cara tersebut secara rutin supaya rasa sakitnya akan menghilang. Untuk hasil yang lebih maksimallagi, anda bisa menambahkan 1 – 2 sendok garam pada segelas air hangat kemudian barulah digunakan untuk berkumur. Namun saat menggunakan air garam, sebaiknya jangan terlalu lama digunakan untuk berkumur-kumur karena akan menimbulkan rasa asin yang cukup tinggi. Tipsnya, bilas dengan menggunakan air hangat tawar atau yang sudah dicampur madu untuk menetralkan rasa asin pada mulut kita.

  2. Selain dengan menggunakan air hangat, cara mengobati sakit gigi pada ibu hamil lainnya yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan air es / es batu. Namun cara pemakaiannya bukan untuk kumur, melainkan dengan cara ditempelkan pada pipi yang didalamnya terdapat gigi yang sakit dan meradang, es bisa membekukan rasa nyeri pada gigi kita yang membuat rasa sakit tersebut hilang dalam beberapa menit. Untuk melakukannya cukup mudah yakni dengan melapisi es batu dengan kain / handuk. Tempelkan handuk yang didalamnya terdapat es batu pada pipi. Demikian juga untuk air es, kompres pipi dengan handuk yang sudah dicelupkan pada air es. Dengan begitu, maka rasa sakit pada gigi akan berkurang secara signifikan.

  3. Bawang putih: Bawang putih ternyata juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi pada ibu yang sedang hamil. Kandungan anti bakteri pada bawang putih ini akan membuat rasa sakit pada gigi yang disebabkan karena bakteri atau kuman akan berkurang dan hilang karena bawang tadi membunuh bakteri yang ada digusi dan gigi kita. Penggunaannya juga cukup mudah yakni dengan mengunyah bawang putih dikala gigi sedang terasa sakit. Setelah dirasa cukup, buang bawang putih yang ada pada mulut dan bilas dengan menggunakan air hangat untuk menghilangkan aroma dari bawang putih.

  4. Daun bayam dan daun jambu biji: Kedua jenis daun ini dipercaya dapat menyembuhkan sakit gigi secara alami dengan effect yang tidak membahayakan. Kandungan anti bakteri pada kedua daun ini cukup tinggi sehingga dapat digunakan sebagai obat pada gigi yang sakit karena bakteri yang menempel pada gigi kita. Caranya sama seperti pada bawang putih yakni dengan cara mengunyahnya secara langsung dalam keadaan mentah-mentah dan di bilas dengan air panas atau es yang bisa membuang bau dari dua daun tersebut. Kunyahlah beberapa menit sampai rasa sakit pada gigi berkurang, baru dibilas dengan menggunakan air hangat.

Baca Juga :  Penyebab Bibir Pecah-Pecah dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Demikianlah beberapa cara mengobati sakit gigi pada ibu hamil secara alami. Obat-obatan alami tersebut tentu sangat aman bagi ibu dan juga bayi yang ada dalam kandungan karena tidak mengandung zat yang berbahaya bagi bayi dan ibu yang sedang hamil tersebut. Selain itu, bahan tersebut sangat mudah ditemukan di sekitar sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk menyembuhkan sakit gigi.

Loading...

Comment