by

Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak Usia 3 Tahun Dengan Cara Alami

Debroo.net. Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak Usia 3 Tahun Dengan Cara Alami. Memiliki anak yang masih berumur batita atau bawah tiga tahun ini merupakan kesenangan tersendiri karena pada masa tersebut anak itu sedang lucu-lucunya sehingga sangat menyenangkan apabila menemaninya setiap hari.

mengobati-sakit-gigi-anak-3-tahun
mengobati-sakit-gigi-anak-3-tahun

Pada usia 3 tahun atau kurang, tentu sang anak sedang mengalami pertumbuhan yang pesat terutama pada anggota tubuhnya salah satunya adalah pada gigi yang sangat cepat tumbuh dan berkembang dimulut anak tersebut. Gigi susu pada anak sering mengalami masalah karena anak yang berumur 3 tahun atau kurang tentu sangat gemar mengonsumsi makanan yang manis-manis.

Akibatnya, gigi pada anak sangat rawan terkena penyakit atau berlubang dan mengakibatkan sakit pada gigi tersebut. Cara mengobati sakit gigi pada anak 3 tahun juga tidak boleh sembarangan karena jika salah dalam pengobatannya akan menjadi kesalahan yang fatal, justru dapat menimbulkan penyakit lain atau justru dapat menyebabkan sakitnya semakin parah.

Obat sakit gigi anak 3 tahun lebih disarankan untuk menggunakan bahan-bahan alami sehingga meminimalisir terjadinya efek samping pada anak tersebut. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa anda pilih untuk mengobati sakit gigi pada anak usia 3 tahun atau kurang.

Obat Sakit Gigi Anak Usia 3 Tahun.

Obat sakit gigi alami yang bisa anda pilih untuk buah hati anda yang masih berusia dibawah 3 tahun adalah madu. Kandungan yang terdapat pada madu ternyata dapat digunakan sebagai obat sakit gigi untuk anak yang giginya sakit karna terlalu banyak memakan manis-manisan. Madu memiliki rasa yang manis sehingga anak tidak akan menolak apabila diberi madu untuk menyembuhkan gigi yang sakit.

Walaupun mempunyai rasa yang manis dan nikmat, madu tidak akan membuat gigi menjadi berlubang karena rasa manis pada madu ternyata tidak membuat gigi menjadi berlubang melainkan menyembuhkan. Untuk mengobati sakit gigi pada anak yang berusia 3 tahun dengan madu, caranya cukup mudah yakni dengan mengoleskan madu pada bagian gusi atau gigi yang terasa sakit.

Baca Juga :  Cara Mengobati Sakit Gigi Sampai Sembuh

Kemudian gosok secara perlahan sampai madu benar-benar dioleskan secara merata pada bagian gigi yang sakit dan meradang. Harap diperhatikan agar anak tidak terlebih dahulu menelan madu yang berada di gigi agar manfaat madu tersebut dapat menyembuhkan sakit gigi tersebut.

Bahan lainnya yang dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi pada anak adalah dengan menggunakan minyak cengkeh. Kandungan anti bakteri pada minyak cengkeh ini dapat menghilangkan rasa sakit pada gigi yang memar atau meradang. Sakit pada gigi memang kebanyakan disebabkan oleh bakteri yang berada pada syaraf gigi sehingga membuat rasa sakit.

Apabila bakteri yang berada pada gigi dilumpuhkan oleh obat tradisional tersebut, maka syaraf gigi tidak akan terasa sakit lagi karena bakteri yang ada di gigi tersebut sudah menghilang. Untuk penggunaannya, cukup dengan meneteskan minyak cengkeh pada bagian gigi yang terasa sakit atau pada gigi yang berlubang.

Tunggu beberapa menit sampai rasa sakit pada gigi hilang / berkurang, kemudian kumur-kumur menggunakan air hangat. Dengan kumur menggunakan air hangat, maka rasa sakit pada gigi akan hilang.

Terakhir, anda bisa menggunakan garam sebagai obat sakit gigi anak usia 3 tahun. Namun sebaiknya penggunaannya harus benar-benar diperhatikan karena sifat dari garam yang memiliki rasa sangat asin tentu sangat tidak disukai oleh anak-anak.

Untuk menggunakan garam sebagai penyembuh sakit gigi, cukup campurkan 2 sendok teh garam dengan segelas air putih yang hangat. Gunakan larutan tersebut untuk kumur-kumur pada anak. Setelah itu, bilas dengan air putih hangat biasa untuk menetralkan rasa asin pada mulut sang anak. Atau bisa juga menggunakan madu untuk menghilangkan rasa asin.

Itulah beberapa cara mengobati sakit gigi pada anak 3 tahun secara alami. Dengan menggunakan obat alami yang ada di lingkungan kita, tentu resiko efek samping dapat dihindari. Apabila belum juga sembuh, konsultasikan kepada dokter anak sehingga dapat dilakukan langkah-langkah yang lebih baik lagi.

Loading...

Comment