by

Cara Mengobati Sakit Gigi Bungsu yang Sedang Tumbuh Didalam Gusi

Debroo.net. Cara Mengobati Sakit Gigi Bungsu yang Sedang Tumbuh Didalam Gusi. Gigi bungsu adalah gigi geraham pada manusia yang tumbuh paling akhir setelah semua gigi lengkap. Biasanya gigi bungsu baru akan tumbuh ketika manusia memasuki usia remaja.

mengobati-sakit-gigi-bungsu
mengobati-sakit-gigi-bungsu

Gigi bungsu sendiri merupakan bagian dari gigi geraham berjumlah 2 pasang di rahang bawah dan 2 pasang di rahang atas. Letaknya berada paling belakang diantara gigi lainnya pada manusia. Saat gigi ini mulai muncul ke permukaan gusi, biasanya orang tersebut akan merasa sakit gigi dan membuat linyu di setiap gigi dan gusi kita.

Namun tidak semua orang akan merasakan sakit pada saat gigi bungsu mulai tumbuh di sekitar gusi kita. Orang yang merasa sakit gigi ketika gigi bungsu mulai tumbuh biasanya terjadi karena tempat untuk gigi bungsu tidak cukup sehingga akan bertabrakan dengan gigi geraham didepannya dan mengakibatkan sakit gigi yang membuat gusi kita menjadi terjepit diantara 2 gigi.

Inilah yang membuat gigi menjadi terasa sakit. Lalu bagaimana cara mengobati sakit gigi bungsu yang sedang tumbuh ini? Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan rasa sakit itu.

  1. Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit karena tumbuhnya gigi bungsu yang kurang normal adalah dengan menggunakan obat kumur yang membuat sakit menjadi tidak terasa. Biasanya obat kumur yang beredar di apotek memiliki kandungan chlorhexidine yang akan menghilangkan rasa sakit pada gusi, terutama karena gusi yang meradang dan berwarna merah. Sebelum membeli obat kumur merek tertentu, usahakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan apoteker sehingga akan dipilihkan obat kumur yang sesuai dengan kondisi anda saat itu.

  2. Cara lain yang bisa anda pakai untuk menghilangkan rasa sakit sementara karena gigi bungsu yang akan tumbuh adalah dengan menggunakan obat penghilang rasa nyeri pada gigi dan gusi. Biasanya obat penghilang rasa nyeri mengandung paracetamol ataupun ibuprofen sehingga dapat menghilangkan rasa sakit.

  3. Apabila masih belum sembuh juga, anda dapat mengompres bagian belakang gigi geraham dengan menggunakan air es yang bisa meredakan sakit pada gigi dan gusi yang meradang. Pertama, siapkan air es pada wadah kemudian celupkan handuk / kain. Kompres pada pipi tempat bagian yang terasa sakit selama 15 menit. Lakukan beberapa kali sampai rasa sakit tersebut berkurang atau hilang.

  4. Menggunakan larutan garam. Untuk menyembuhkan rasa sakit akibat gigi bungsu yang akan tumbuh, anda dapat membuat larutan garam. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan garam dapur dengan segelas air putih hangat yang diaduk sampai merata cara ini juga bisa membuat rasa nyeri digigi menjadi tidak terasa dan menyembuhkan gigi berlubang, sairawan. Aduk-aduk sampai tercampur rata kemudian gunakan untuk berkumur selama 10 menit. Cara ini dinilai efektif untuk mengobati sakit gigi bungsu karena kandungan dari garam yang mengandung anti bakteri dan air hangat yang membuat efek menenangkan bagi gusi yang bengkak.

  5. Buatlah campuran yang terbuat dari pasta gigi dan baking soda. Cara ini juga cukup ampuh untuk mengusir rasa sakit pada gigi bungsu yang tumbuh diantara sela-sela gigi. Oleskan campuran pasta gigi dan baking soda pada bagian gigi yang terasa sakit dan tunggu sampai rasa sakit berkurang pada gigi tersebut. Kemudian bilas dengan menggunakan air putih hangat untuk memberikan hasil yang lebih maksimal.

  6. Gunakan cengkeh atau minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi bungsu yang sedang tumbuh. Cengkeh merupakan obat sakit gigi yang sudah digunakan sejak lama dan dipercaya dapat menyembuhkan sakit gigi dengan sangat cepat. Penggunaanya juga tidak sulit yakni dengan menempelkan cengkeh utuh pada pipi bagian dalamnya. Letakkan cengkeh pada samping bagian yang terasa sakit pada gigi tersebut. Diamkan beberapa saat sampai efeknya terasa. Apabila menggunakan minyak cengkeh, cukup oleskan pada bagian yang terasa sakit dan tunggu sampai 15 menit baru dibilas dengan air hangat.

Baca Juga :  Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Dengan Secara Alami

Demikian beberapa cara mengobati sakit gigi bungsu yang sedang tumbuh atau baru tumbuh selain dengan jalan medis. Namun apabila sakit gigi bungsu tersebut sampai melukai gusi dan infeksi itu sangat berbahaya, sebaiknya gunakanlah langkah medis agar ditangani secara tepat oleh dokter gigi.

Loading...

Comment