Tahun Ini Penentuan Nasib BlackBerry

By: On: 0 views
Tahun Ini Penentuan Nasib BlackBerry

BB Nasib
Debroo.com – Menurut Eksekutif Direktur ICT Indonesia, Heru Sutadi, tahun ini adalah penentuan nasib baik buruknya bisnis BlackBerry. Menurut keteranganya, Blackberry telah menjual Kantornya untuk mengurangi kerugian. Dan sekarang Blackberry mulai mencoba peruntunganya lagi di Indonesia dengan meluncurkan beberapa seri Barunya. Akankah Nasib BlackBerry bisa seperti dulu?

Menurut Penjelasan Heru, adanya seri BlackBerry Jakarta (Z3) yang dirilis beberapa waktu lalu juga dirasa kurang mendongkrak penjualan handset BlackBerry. “Enggak ngangkat. Seolah-seolah Jakarta, tapi gak ngangkat. Kebanggaan pakai BB-nya sudah lewat, momentum loyalnya tidak dijaga. Kenapa FB beberapa waktu lalu datang ke Indonesia, agar menaikkan ratingnya, yang mulai tersaingi dengan Twitter. Rating puncaknya 2010-2011 kalau BB. Sekarang sudah berat,” katanya.

Lebih Lanjut Heri menjelaskan, BlackBerry kehilangan momentum untuk bisa mendapatkan antusiasme dari pemerintah Indonesia untuk membangun pabrik atau server di Indonesia. “Sudah terlambat, momentum itu kadangkala tidak datang dua kali. Sekarang orang bisa pakai BBM (BlackBerry Messenger) di platform yang lain. Ramai juga aplikasi WhatsApp dan sebagainya,” tambahnya. (Baca Juga : Kesalahan Blackberry diIndonesia)

Seandainya BlackBerry bangun pabrik dan server di Indonesia, barangkali kondisinya mungkin tidak merosot seperti saat ini. “Andai kata, mereka bangun pabrik 2009-2010, orang Indonesia ada rasa nasionalisme juga. Pemerintah akan meng-endorse. Mereka berkontribusi kalau misalkan bangun pabrik, SDM dari kita, dari orang Indonesia. Pabrik di Indonesia, tentunya kita ada kontribusi. Orang Indonesia banyak, lulusan kampus, ITB, UI dan lain-lain, kalau kita tidak menyediakan lapangan kerja, akhirnya banyak pengangguran. Kita lihat pola ekonomi, apa yang kita beri, apa yang kita terima,” jelasnya.

No Responses

Leave a Reply