by

Awas Jangan Minum Minuman Ini Karena Ternyata Penyebab Batu Ginjal

tehsusu
Debroo.com – Milktea atau teh campur susu mungkin salah satu minuman kesukaan anda. Namun tahukah anda ternyata jika susu dan teh dicampur bisa menyebabkan sakit batu ginjal. Yuk cari tau kenapa minuman ini tidak boleh dicampur.
Kita semua pasti tahu susu adalah minuman penuh gizi dan menyehatkan bagi tubuh kita, begitu pula dengan teh sangat segar dan menyehatkan. Namun ternyata bila kedua minuman ini dicampur bukannya makin menyehatkan tubuh kita melainkan justru malah berdambak buruk bagi kesehatan kita.
Alasan mengapa kedua minuman ini tidak boleh dicampur karena teh memiliki banyak zat antioksidan yang bertindak menyingkirkan efek radikal bebas yang berbahaya untuk pertumbuhan sel. Satu diantara senyawa antioksidan yang dimiliki teh yaitu catechin. Sedangkan susu memiliki protein yang bernama kasein yang bisa menghalangi, sedangkan susu merupakan satu di antara sumber kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang. Minum susu dengan cara teratur bermakna melindungi tulang agar selalu sehat dan kuat. Sayangnya, teh juga mengandung senyawa yang bernama asam oksalat. Senyawa ini akan dikeluarkan dari bersamaan dengan air kencing. Di dalam badan, senyawa asam oksalat dapat berikatan dengan kalsium dan membuat satu partikel yang biasa disebut dengan batu ginjal.
Berapakah besar ukuran partikel ini bergantung seberapa besar keterikatan asam oksalat dengan kalsium. Jika terus-terusan atau dalam jumlah besar pasti semakin besar juga partikel batu ginjal terbentuk. Semakin kerap mengkonsumsi teh susu, makin besar juga resiko terserang batu ginjal, terlebih jika tidak disertai dengan minum air putih yang banyak.
Nah itulah penjelasan kenapa minuman susu tidak boleh dicampur dengan teh. Sekarang kita jadi tahu kan ternyata minum teh susu alias teh campur susu kurang baik untuk kesehatan bahkan bisa beresiko. Biasanya orang mencampurkan teh dengan susu cuma untuk menambah cita rasa. Namun mereka tak paham atau mungkin saja kurang perduli pada efek negatif yang disebabkan. Padahal, diakui atau tidak, hal – hal yang disangka sepele sejenis itu jadi sangatlah mendukung terjaganya kesehatan badan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed