Ironis, Jokowi Patroli dari Udara, Banyak Pencuri Ikan Tapi Tidak Ada Kapal Patroli TNI AL

By: On: 0 views
Ironis, Jokowi Patroli dari Udara, Banyak Pencuri Ikan Tapi Tidak Ada Kapal Patroli TNI AL

Pesawat Intai TNI AU
Debroo.com – Inilah kenyataanya, Walaupun sudah digalakkan untuk tingkatkan keamanan diwilayah perairan Indonesia dari Pencurian Ikan, Namun tetap saja masih banyak ditemukan kasus kapal asing yang berkeliaran di Laut Nusantara. Bahkan, Presiden sendiri yang melihat langsung kejadian ini didepan matanya, saat ia berada di udara menggunakan pesawat intai TNI AU. Parahnya lagi Tidak Ada Kapal Patroli TNI AL yang sedang berpatroli.

Mungkin memang bukan kebiasaan dari Petugas Keamanan Laut Indonesia untuk selalu siap siaga menjaga perairan, atau mungkin bukan kebiasaan mereka menangkap kapal asing. Buktinya Sang Presiden harus mengulangi perintah Penghancuran Kapal Asing sampai Tiga Kali baru ada kabar mengenai Kapal Pencuri Ikan yang dihancurkan. Hal ini membuat Jokowi sangat kecewa, kini ditambah lagi dengan temuannya sendiri saat melihat langsung kejadian pencurian ikan tanpa adanya TNI AL yang sedang berjaga.
jokowi sedang melakukan patroli bersama TNI AU
Menko Maritim, Indroyono Soesilo mengaku melihat dan menyaksikan kapal asing mencuri ikan di laut Arafura, Maluku. Ia menyaksikan pencurian ikan dari pesawat intai TNI AU.

Saat itu, ia terbang bersama Presiden Jokowi serta didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Ida Bagus Putu Dunia.

Informasi pencurian ikan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

“Waktu ditelpon Bu Susi. Dia bilang ada pencurian ikan di Laut Arafura. Saya minta bantuan skuadron intai TNI AU. Kita pakai pesawat Boeing 737 TNI. Dari penelusuran itu, ketemu 22 kapal. Itu kapal ikan Tiongkok bendera Indonesia. Sama beliau (Presiden) dilihat saja,” kata Indroyono di Kemenhub, Jakarta, Jumat(19/12/2014).

Saat pengintaian memakai pesawat khusus TNI AU tersebut, ia bersama Jokowi tidak menemukan kapal patroli TNI AL. Padahal di sana banyak berkeliaran kapal pencuri ikan.

Alhasil Jokowi hanya mengabadikan hasil tinjauan tersebut. “Sama beliau dilihat saja dan diambil fotonya. Karena di sana kapal patroli TNI AL nggak ada di situ,” jelasnya.

No Responses

Leave a Reply