Parah, Nelayan Asing Gunakan KTP Indonesia untuk Kelabui Aparat

By: On: 1 views
Parah, Nelayan Asing Gunakan KTP Indonesia untuk Kelabui Aparat

Kapal asing dihancurkan
Debroo.com – Nelayan Asing Gunakan KTP Indonesia untuk Kelabui Aparat. Pemerintah Indonesia tengah gencar melakukan pengamanan diperairan Laut dari Pencurian Ikan oleh pihak asing. Bahkan sudah beberapa kali pemerintah telah menghancurkan kapal ilegal yang telah terbukti mencuri ikan diwilayah perairan Indonesia. Namun demikian, Nelayan asing tak juga jera. Berbagai modus mereka gunakan untuk mengelabui aparat keamanan hingga membuat pemerintah geram.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjelaskan, dari beberapa kasus yang ditemukan, modus pengelabuan tersebut juga melibatkan warga negara Indonesia. Biasanya, kapal asing menyewa orang Indonesia untuk menjawab radio pengawas.

“Mereka sewa petugas radio dari Indonesia. Jadi kalo ditanya halo, ya nanti ada yang jawab halo-halo orang Indonesia,” kata Susi di Kantornya, Jakarta, Kamis (18/12).

Tidak hanya itu, lanjut Susi, ketika penangkapan, kapal asing tersebut juga membawa bendera Indonesia. Selanjutnya, mereka akan mengibarkan bendera tersebut.

“Nanti kibar-kibarkan bendera Indonesia. Itu kan modus mereka,” terangnya.

Susi menambahkan, pihaknya bahkan mendapat informasi yang lebih parah lagi, di daerah tertentu, warga asing juga dibuatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Maka itu, dirinya berkomitmen akan menuntaskan kapal asing ilegal.

No Responses

Leave a Reply