Operasi Lilin Jaya 2014, Polda Metro Jaya Terjunkan 3.943 personil

By: On: 0 views
Operasi Lilin Jaya 2014, Polda Metro Jaya Terjunkan 3.943 personil

Operasi Lilin Jaya 2014 amankan natal dan tahun baru 2015
Debroo.com – Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2015 tengah dipersiapkan Polda Metro Jaya dengan melakukan Operasi Lilin Jaya 2014 pada 23 Desember sampai dengan tanggal 2 Januari 2015. Polda Metro Jaya menerjunkan 3,943 personil didukung lima Satuan Setingkat Kompi (SSK) dari Mabes Polri dan dua SSK dari Kodam Jaya. Pasukan dipersiapkan untuk mengawal 1.960 Gereja dan 6 Titik Perayaan Tahun Baru.

“Untuk pengamanan natal, ada 1.960 gereja yang harus diamankan terus termasuk malam Tahun Baru ada 6 titik kegiatan malam Tahun Baru, mulai dari HI, Monas, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Kota Tua, Pulau Seribu. Ini kita lakukan pengamanan termasuk Jakarta Night Festival (acara pemda),” ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Unggung Cahyono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (15/12).

“Lalu ada 13 panggung yang didirikan pemda. Kita laksanakan pengamanan untuk kita lakukan evaluasi taun lalu, kita membuat kanal yang memudahkan personil kita melakukan pengamanan, patroli sekitar di lokasi yang digunakan buat Jakarta Night Festival itu,” tambahnya.

Menurut Unggung Cahyono, untuk seluruh kegiatan pengamanan daripada natal, seluruh gereja dilakukan pengamanan maksimal di semua tingkat.

“Polda, Polres dan Polsek diperintahkan H-3 sebelum dilaksanakan kegiatan ibadah, kita melakukan sterilisasi baru kita duduki. Malam tahun baru, kaitannya dengan masalah mercon, petasan, kemacetan. Kita juga antisipasi musim banjir,” tutur Unggung Cahyono.

Polda Metro Jaya menggelar Operasi Cipta Kondisi mulai Senin (15/12). Operasi ini dilaksanakan sebagai kegiatan untuk mengawali Operasi Lilin yang ditujukan untuk mengamankan perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2015.

Operasi tersebut difokuskan penanganan kejahatan jalanan, seperti penjambretan, penodongan, dan perampokan. Rencananya, Operasi Cipta itu dilaksanakan selama kurang lebih satu pekan.

Beberapa titik yang rawan kejahatan jalanan, yaitu di persimpangan Cempaka Putih, Slipi, Tomang, dan Pulomas. Polda Metro Jaya mengimbau kepada masyarakat supaya berhati-hati melewati jalan tersebut.

“Terus kegiatan-kegiatan sebelum operasi. Kita melakukan cipta kondisi, utamanya patroli skala besar, kedua razia, ketiga antisipasi masalah petasan. Kita antisipasi cipta kondisi menjelang operasi,” tutup Unggung Cahyono.

No Responses

Leave a Reply