Langkah PDIP Dukung Perppu Pilkada Usulan SBY

By: On: 0 views
Langkah PDIP Dukung Perppu Pilkada Usulan SBY

Dukungan PDIP untuk perppu pilkada langsung
Debroo.com – Berbagai langkah dilakukan PDIP dalam mendukung Perppu Pilkada langsung yang dikeluarkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di akhir masa jabatannya sebagai presiden pada Oktober lalu.

Hal itu selaras dengan sikap resmi PDIP selama ini yang mendukung sistem pilkada langsung. Sikap dukungan PDIP terhadap Perpu Pilkada langsung tersebut juga untuk memberikan penghormatan kepada SBY agar tidak kehilangan muka jika Perppu yang beliau tandatangani tersebut ditolak DPR.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengusulkan adanya revisi peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) Pilkada. Revisi itu akan diajukan setelah Perrpu Pilkada ditetapkan menjadi Undang-undang.

“Kami akan mengajukan revisi atas Perppu tersebut setelah ditetapkan menjadi UU nantinya,” Ungkap Wasekjen PDIP, Ahmad Basarah, Minggu (14/12/2014).

Namun demikian, Menurut Basarah, pada saat Perppu tersebut dibuat oleh Presiden SBY pada waktu itu dalam keadaan yang tergesa-gesa pasca “miskoordinasinya” antara SBY sebagai Ketum Partai Demokrat dan pimpinan Fraksi Partai Demokrat di DPR pada saat paripurna pengambilan keputusan atas RUU Pilkada tersebut beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, PDIP akan mengambil langkah terbaik untuk mendukung keputusan SBY dalam mengeluarkan Perrpu Pilkada. Basarah menilai masih ada beberapa kelemahan dalam pasal-pasal Perppu Pilkada langsung tersebut.

“Namun karena legal standing DPR yang hanya berwenang untuk menerima atau menolak Perppu tersebut, maka kami akan mengajukan revisi setelah ditetapkan menjadi UU,” tuturnya.

No Responses

Leave a Reply