Lebih 2.000 Masjid Di Bandung Salah Kiblat

By: On: 0 views
Lebih 2.000 Masjid Di Bandung Salah Kiblat

masjid salah kiblat
Debroo.com – Menurut Badan Hisab dan Rukyat Kota Bandung, Arah kiblat lebih dari 2.000 masjid yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat, Salah Kiblat atau tidak akurat.

Kepala Badan Hisab dan Rukhyat Kota Bandung, Maftuh Kholil mengatakan, melencengnya arah kiblat ini disebabkan sejumlah faktor, di antaranya pembangunan masjid terutama pada masa Pemerintahan Belanda berpatokan pada garis jalan sehingga kiblat masjid lurus ke arah barat.

Arah kiblat sebelumnya sudah disepakati berada di 25 derajat 10 menit dari titik barat laut, namun banyak masjid di Kota Bandung terutama yang dibangun pada masa penjajahan, berpatokan pada garis jalan.

Lebih dari 4000 masjid berdiri di Kota Bandung, namun dari jumlah masjid tersebut ditaksir 50 persen atau 2.000 lebih, Masjid memiliki arah kiblat yang tidak tepat atau melenceng, umumnya kurang ke sebelah kanan bahkan lurus dengan arah barat.

Untuk mengatasi hal tersebut, pada tahap awal pihak Hisab dan Rukyat Kota Bandung akan melakukan kalibrasi ulang arah kiblat di enam masjid utama yang tersebar di enam wilayah di Kota Bandung sebagai patokan masjid di sekitarnya.

Selain itu, pihaknya akan menggencarkan sosialisasi kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) di tingkat kecamatan dan masjid yang memiliki kapasitas besar. Ditargetkan, dalam satu tahun semua masjid di Kota Bandung sudah benar arah kiblatnya.

Maftuh menambahkan, selain masjid, pihaknya juga merencanakan pemasangan tugu kiblat di seluruh tempat pemakaman umum. Karena sesuai syariat Islam, wajah jenazah sewaktu dimakamkan harus mengarah ke kiblat dan tidak boleh melenceng.

No Responses

Leave a Reply